Bantu Korban Bencana Sulbar, Pramuka Abdya Donasikan Rp.55,3 Juta

Bantu Korban Bencana Sulbar, Pramuka Abdya Donasikan Rp.55,3 Juta
Foto: analisisnews.com/agus DONASI: Kakwarcab Pramuka Abdya Muslizar MT (kiri) dan didampingi Sekretaris Usmadi,S.Pd (kanan) dan Bendahara Zulkifli Wali,S.Pd (tengah) menyalurkan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat, Sabtu (27/2/2021).

BLANGPIDIE-Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Aceh Barat Daya (Abdya) mendonasikan Rp.55.355.000 untuk membantu korban bencana alam di Sulawesi Barat (Sulbar). Donasi puluhan juta rupiah itu terkumpulkan melalui aksi bumbung kemanusiaan Pramuka Abdya.

Kakwarcab Pramuka Abdya, Muslizar MT, Sabtu (27/2/2021) mengatakan, penggalangan dana itu bertujuan untuk membantu korban bencana alam di Sulawesi Barat dan untuk mengimplementasikan kepada peserta didik Pramuka tentang nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, khususnya Dasa Darma kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Maknanya adalah hidup saling mengasihi dan  menyayangi bahwa antar sesama senasip dan sepenanggungan dalam bingkai Indonesian di bawah panji Merah Putih.

Ditambahkan, dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara di Sulawesi Barat serta mereka tetap diberikan kesabaran dan ketabahan untuk menerima cobaan.

“Kami berharap semoga mereka cepat bangkit kembali untuk menata kehidupan yang lebih baik seperti semula,” ujarnya.

Terkait upaya penggalangan dana itu, Kakwarcab Pramuka, Muslizar MT yang juga Wakil Bupati Abdya mengapresiasi kerja keras pengurus Pramuka yang telah berperan aktif dan kepada peserta didik Gerakan Pramuka Abdya termasuk masyarakat  yang telah berpartisipasi dalam  rangka melakukan penggalangan dana ini sejak dari Kwartir Ranting Babahrot sampai dengan Kwartir Ranting Lembah Sabil, sehingga donasi ini dapat terkumpul.

“Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian dan kemanusiaan dalam membantu saudara kita yang saat ini membutuhkan uluran tangan atas musibah bencana alam gempa bumi yang meluluh lantakkan dan menyebabkan banyak nyawa melayang. Kami sampaikan banyak terimakasih kepada semua dermawan yang telah menyisihkan sebagian rezeki untuk membantu korban gempa di Sulawesi Barat dan kepada seluruh anggota Pramuka Abdya saya sebagai Kakwarcab memberikan apresiasi yang tinggi atas keikhlasan jiwa dan raga dalam mengumpulkan donasi dari masyarakat,” imbuhnya.

Aksi kemanusiaan itu berdasarkan surat edaran Gerakan Pramuka Kwarda Aceh Nomor : 11-01-A-2021 perihal penggalangan dana melalui aksi bumbung kemanusiaan. Menindaklanjuti surat edaran tersebut Kakwarcab Pramuka Abdya melalui pengurus melakukan penggalangan dana sejak 25 Januari 2021 lalu.Penggalangan dana tersebut dilakukan melalui sumbangan di jalan, pertokoan dan sumbangan dari peserta didik Gerakan Pramuka di Gugus Depan yang ada dalam jajaran Kwarcab Abdya mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega.

Donasi tersebut terkumpul berjumlah Rp. 52.355.000 yang dikirim langsung ke Rekening Aksi Bumbung Kemanusiaan Kwartir Daerah Pramuka Aceh yang selanjutnya diteruskan untuk korban bencana alam di Majene Sulawesi Barat.Pengiriman tersebut dilakukan oleh Kakwarcab Pramuka  Abdya Muslizar MT dan didampingi Sekretaris Usmadi,S.Pd dan Bendahara Zulkifli Wali,S.Pd melalui Bank Syariah Indonesia. (ag)