Asisten III Armansyah, SE. M.Si Buka Pelatihan Jurnalistik SKPK Se- Kabupaten Bener Meriah

Asisten III Armansyah, SE. M.Si Buka Pelatihan Jurnalistik SKPK Se- Kabupaten Bener Meriah
Analisisnews.com/Junaidi. Arsadi Laksamana dari AJI (kiri), Sekertaris Kominfo Bener Meriah Khalisuddin (dua dari kiri), Asisten III Bidang Adminsitrasi Umum Sekdakab Bener Meriah Armansyah, SE. M.Si (dua dari kanan) dan Ketua Diklat PWI Aceh Iranda Noviandi (kanan). Senin (08/03/2021)

REDELONG – Asisten III Bidang Adminsitrasi Umum Sekdakab Bener Meriah Armansyah, SE. M.Si mewakili Bupati membuka secara resmi Pelatihan Jurnalistik SKPK dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Bener Meriah di aula Gedung Empu Beru Komplek Perkantoran Serule Kayu. Senin, (08/03/2021).

Dalam arahan, bimbingan, sekaligus arahannya dalam pembukaan kegiatan tersebut Armansyah, SE. MM menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan “Pelatihan Jurnalistik SKPK Dalam Rangka Mendukung Publikasi Kegiatan” dimasing-masing SKPK untuk disampaikan kepada publik, yang digagas dan dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bener Meriah.

“Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini bisa menjadi kerja maksimal bagi pegawai yang hendak belajar menjadi jurnalistik, karena menurut saya menjadi jurnalistik itu tentu tidak harus menjadi wartawan, sebab dalam menulis itu ada tanggung jawab yang besar,” jelasnya.

Dalam menulis, lanjutnya, terdapat tanggung jawab yang besar, bagaimana cara menulis yang baik, memberi judul yang baik, apa yang harus kita share atau di upload sehingga kita bisa terhindar dari Undang-Undang ITE No. 11/2006, pesannya.

“Jadi melalui pelatihan jurnalistik ini, saya berharap para peserta bisa membawa kebaikan dan dan perubahan, apa yang kita tulis dan sampaikan bisa dipertanggung jawabkan,” tegas Armansyah, SE. M.Si.

Terakhir Armansyah menjelaskan, menurutnya pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan dan diperlukan oleh masing-masing instansi pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang memilki situs, sehingga perlu didukung oleh kemampuan yang mumpuni dan pegawai untuk menulis rilis (release) yang layak dikonsumsi oleh publik.

“Bermitra dengan wartawanpun harus cerdas karena mereka bukan hanya sekedar penyemangat pembangunan, tapi juga sebagai social control apa yang telah dikerjakan pemerintah,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bener Meriah yang diwakili oleh Sekretaris Khalisuddin dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memiliki tujuan penting.

“Tujuan diselenggrakan kegiatan pelatihan jurnalistik SKPK ini adalah, bagaimana kita menyajikan kegiatan masing-masing SKPK dalam bentuk narasi yang baik, sehingga layak untuk dipublikasikan dan dibaca oleh masyarakat, sehingga masyarakat tau apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah yang berfungsi untuk melawan Hoaxs,” kata Khalisuddin.

Khalissudin melanjutkan, disamping itu juga berfungsi untuk menyajikan program-program pemerintah dimasing-masing SKPK mulai dari level yang paling bawah, seperti Reje, Camat, Puskesmas dan SKPK di jajaran pemerintah daerah paparnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan focus dan serius dan jangan jadikan kegiatan yang penting ini sekedar serimonial belaka, pungkasnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3(tiga) hari dari Senin s/d Rabu, 8 -10 Maret 2021. Informasi yang diterima media ini, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan dari SKPK dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah dengan pemateri Ketua Diklat PWI Aceh Iranda Noviandi, Arsadi Laksamana dari AJI dan Khalisuddin Sekretaris Kominfo. (Ril/Jun).