Kodim 0110/Abdya Bangun Dua Unit Rumah Warga Miskin

Kodim 0110/Abdya Bangun Dua Unit Rumah Warga Miskin
Foto: analisisnews.com/agus BONGKAR: Personel TNI dijajaran Kodim 0110/Abdya dibantu personel polisi dan masyarakat membongkar rumah tak layak huni milik warga miskin di Kecamatan Babahrot, Senin (15/3/2021).

BLANGPIDIE-Jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya)  bekerja sama dengan Baitul Mal kabupaten setempat membangun dua unit rumah warga miskin yakni milik Yurwati, warga Desa Pante Rakyat dan Yusdi warga  Dusun Kota Malaka Desa Ie Merah Kecamatan Babahrot kabupaten setempat. Pembangunan kembali rumah milik Yurwati dan Yusdi tersebut lantaran rumah yang selama ini mereka tempati bersama keluarga masuk dalam kategori rumah tidak layak huni (RTLH) dan sangat memperihatinkan.

Dandim 0110/Abdya Letkol Arif Subagiyo melalui Plh Pasiter Kapten Inf Mohd Arifin Senin (15/3/2021) mengatakan, sebelum pihaknya membangun rumah layak huni untuk kedua warga miskin tersebut, terlebih dahulu dilakukan proses pembongkaran bangunan rumah dimaksud.

Pembongkaran rumah tidak layak huni ini adalah tahapan pengerjaan awal sebelum nanti masuk tahap berikutnya. Dalam pelaksanaannya, rumah yang akan dibangun sebanyak dua unit, karena selama proses pembangunan berlangsung diperlukan kerjasama tim dan ketepatan dalam pengerjaanya, sehingga nanti hasilnya dapat maksimal.

“Proses pembongkaran RTLH tersebut turut disaksikan unsur muspika Babahrot, keuchik dan warga desa setempat,” ujarnya.

Menurutnya, program bantuan RTLH sangat penting untuk dilaksanakan guna mendorong dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk saling membantu termasukdalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni. Sebagai pelaksana di lapangan, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin, supaya rumah dua unit rumah tersebut bisa selesai secepatnya  dan dapat segera ditempati oleh masyarakat penerima manfaat.

“Atas nama Dandim  0110/Abdya, Letkol Arif Subagiyo beserta jajaran kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat, instansi terkait dan semua unsur yang telah membantu program pembangunan rumah dimaksud,” paparnya.

Sementara itu, Yurwati dan Yusdi selaku masyarakat penerima manfaat dari bantuan tersebut,  mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada Kodim 0110/Abdya, unsur terkait lainnya terhadap bantuan yang diberikan. Bantuan ini sangat membantu mereka untuk memiliki rumah yang sehat dan layak untuk ditempati. Jika tidak ada bantuan ini, selama ini mereka tinggal dengan kondisi rumah yang memperihatinkan.

“Syukur dan terimakasih kami sampaikan kepada jajaran Kodim 0110/Abdya dan unsur terkait lainnya atas bantuan ini,” singkatnya sambil meneteskan air mata. (ag)