Bupati Bener Meriah Temui Direktur Pembiayaan KUR Pusat Untuk Petani

Bupati Bener Meriah Temui Direktur Pembiayaan KUR Pusat Untuk Petani
Analisisnews.com/Junaidi Delung. Foto (Prokopim BM): Bupati Bener Meriah Sarkawi bersama Direktur KUR Departemen Pertanian sedang berdiskusi terkait dana KUR. Kamis (18/03/2021).

JAKARTA-Bupati Bener Meriah Sarkawi bersama salah seorang anggota DPRK Bener Meriah Zulham menemui Direktur Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian, Ir. Indah Megawati, MP di Jakarta, Kamis, 18 Maret 2021 kemarin.

Pertemuan tersebut memiliki nilai baik terhadap masyarakat Bener Meriah khsususnya petani di Kabupaten kopi, karena bertujuan untuk memberdayakan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bener Meriah.

“Baik usaha mikro, kecil dan menengah dan terciptanya lapang kerja bagi warga kita dengan tujuan untuk penanggulangan kemiskinan,” ujar Bupati Sarkawi kepada analisisnews.com, Jum’at (19/03/2021.

Menurutnya dengan dana KUR tersebut, para petani di Bener Meriah saat ini tengah membutuhkan, “sesuai dengan batas dan limit yang telah ditentukan bagi para petani yang kesulitan modal usaha, melalui pinjaman KUR yang sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Bupati.

“Petani kita harus dibantu, salah satunya melalui Dana KUR ini, dan disamping itu tentunya juga Penyedia Barang (Opteker) yang akan membantu, disamping itu keseriusan para petani kita juga sangat dituntut,” harapnya, bersama Zulham yang merupakan anggota DPRK Bener Meriah.

Dengan adanya dana KUR nantinya, petani kita harus dikawal dari awal sampai akhir, serta menggandeng stakeholder terkait untuk mendukung petani, “misalnya petani kekurangan dana, maka akan melibatkan pihak-pihak terkait, dan akan pendamping atau opteker (penyedia barang) terhadap hasil panen petani,” papar Bupati berharap di Bener Meriah juga bisa direalisasikan.

Seperti yang diketahui, Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan kredit untuk pembiayaan modal kerja baik untuk perorangan, kelolompok usaha yang tentunya produktif seperti pertanian, peindustrian, kehutanan dan lainnya. Dengan adanya Dana KUR Petani ini, tentunya kedepan para petani yang kesulitan dana sudah pasti bisa terbantu.

“Bagi Kabupaten Bener Meriah, peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangatlah penting untuk menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat kita, jadi dana KUR ini memang sangat kita harapkan, dan pemerintah pusat melalui Direktur Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian Departemen Pertanian dapat membantu,” tutupnya. (Ril/Junaidi).