Gedung Baru Puskesmas Blangpidie Resmi Difungsikan

Gedung Baru Puskesmas Blangpidie Resmi Difungsikan
Foto: analisisnews.com/agus PERESMIAN: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menandatangani prasasti peresmian gedung Puskesmas Blangpidie, Selasa (23/3/2021).

BLANGPIDIE-Gedung baru Puskesmas Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (23/3/2021) secara resmi difungsikan. Penggunaan bangunan baru Puskesmas itu diresmikan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim yang dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompimkab), Sekda Abdya Drs Thamrin, Kepala Dinas Kesehatan Safliati SST Mkes serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam kesempatan itu mengatakan, Puskesmas Blangpidie harus menjadi Puskesmas yang terbaik. Hal itu harus terwujud lantaran Puskesmas Blangpidie telah didukung dengan kondisi bangunan baru yang sangat baik, tenaga kesehatan yang masih energik, termasuk fasilitas pendukung lainnya, sehingga harus mampu menjadikan Puskesmas yang berlokasi di ibu kota kabupaten menjadi Puskesmas terbaik.

“Fasilitas sudah baik, tenaga kesehatannya baik-baik, prestasinya juga harus baik. Caranya yakni dengan bersungguh-sungguh dalam bekerja, gaji sudah tentu dapat dan amal kebaikan juga akan didapat jika bekerja dengan sungguh-sungguh serta ikhlas,” paparnya.

Kesehatan adalah bidang prioritas sehingga harus dimasukan dalam pelayanan dasar dalam pemerintahan. Karenanya aturan-aturan yang menjaga agar tujuan kesehatan tetap bagus adalah ketersediaan anggaran yang mencukupi dan memadai. Mengenai anggaran, Pemkab Abdya sudah menyiapkan anggaran yang cukup besar, sebab selama kepemimpinan Akmal Ibrahim, persoalan kesehatan dan pendidikan merupakan dua hal yang menjadi prioritas.

“Saya mengenai persoalan kesehatan dan pendidikan sangat loyal. Jadi kedepannya, tetap utamakan pelayanan yang baik. Ini Puskesmas paripurna pertama di Abdya, wajar karena letaknya di ibu kota kabupaten dan Puskesmasnya harus yang paling layak dan memiliki pelayanan yang baik,” tuturnya.

Ditambahkan, pasca Puskesmas Blangpidie menempati gedung baru, untuk gedung bekas Puskesmas Blangpidie akan ditempati Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP dan Trans) Abdya. Karenanya dia mengingatkan Sekda Abdya untuk menyiapkan segala sesuatunya, seperti perbaikan gedung dan keperluan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST Mkes menyebutkan, pembangunan Puskesmas Blangpidie merupakan realokasi dari Puskesmas yang lama ke Puskesmas yang baru. Pembangunan Puskesmas Blangpidie ini tiga kali tertunda dengan berbagai permasalahan dan kendala, sehingga pada tahun 2020 baru dapat dibangun.

Puskesmas Blangpidie tersebut dibangun dengan menggunakan DAK tahun 2020 sebesar Rp. 6,25 lebih yang dikerjakan PT. Fata Perdana Mandiri. Puskesmas itu juga sudah terakreditasi dengan status dasar. Dia berharap kedepannya di reakreditasi agar dapat berganti status menjadi madya atau utama.(ag)