Ikuti Apel Pagi, Aparatur Tiga Kampung di Syiah Utama Didorong Pemberdayaan Ekonomi

Ikuti Apel Pagi, Aparatur Tiga Kampung di Syiah Utama Didorong Pemberdayaan Ekonomi
Analisisnews.com/Junaidi Delung. Foto (Andy Lisma): Aparatur Kampung Rusip, Wihni Durin, dan Tembolon Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah ikuti apel rutin bersama Camat Syiah Utama. Apel kali ini dilaksanakan di halaman Kantor Pemerintahan Kampung Rusip Kecamatan Syiah Utama, disamping turut hadir Kapolsek Syiah Utama IPTU Suci, SH, dan Bhabinkamtibmas, serta Babinsa. Selasa (23/03/2021).

SAMAR KILANG – Aparatur Kampung Rusip, Wihni Durin, dan Tembolon Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah ikuti apel rutin bersama Camat Syiah Utama. Apel kali ini dilaksanakan di halaman Kantor Pemerintahan Kampung Rusip Kecamatan Syiah Utama, disamping turut hadir Kapolsek Syiah Utama IPTU Suci, SH, Selasa (23/03/2021).

Camat Syiah Utama Mustakim A.Md kepada media ini mengajak aparatur setiap kampung yang ada di Kecamatan Syiah Utama tersebut untuk memanfaatkan lahan milik kampung guna meningkatkan pendapatan kampung dan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap, setiap kampung dapat memanfaatkan lahan milik kampung untuk ditanami komoditi unggulan seperti jagung, pinang dan tanaman lainnya, ini dapat meningkatkan penghasilan kampung sehingga tidak bergantung kepada dana APBN dan dana lainnya serta dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Mustakim kepada analisisnews.com.

Diketahui, pelaksanaan apel bersama aparatur kampung dijadwalkan setiap hari Selasa dan dilakukan bergilir di Kantor Pemerintahan Kampung.

“Setiap hari Selasa, kami menjadwalkan pelaksanaan apel bersama aparatur kampung. Kami juga menugaskan tim dari Kantor Camat untuk memimpin dan memberikan arahan kepada Aparatur Kampung, namun pada hari ini saya sendiri dan Kapolsek Syiah Utama yang akan memberikan arahan dan bimbingan,” ujar Mustakim.

Disamping itu Mustakim mendorong para Reje dan Aparatur kampung tersebut untuk mempercepat penyusunan dan pengusulan APBDes tahun 2021 ini. Menurutnya hal itu penting, karena jika penyusunan tersebut lambat akan dapat menghambat proses pembangunan di masing-masing Kampung.

“Keterlambatan penyusunan dan pengusulan APBDes dapat menghambat proses pembangunan di masing-masing Kampung, oleh karenanya kami menghimbau kepada Reje Kampung agar dapat melakukan percepatan penyusunan dan pengusulannya,” tegasnya.

Sementara itu Kapolsek Syiah Utama, IPTU Suci, SH dalam arahannya mengingatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para Reje dapat bersinergi membangun komunikasi yang baik antara tiga pilar keamanan. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif terlebih menjelang bulan Ramadhan mendatang.

Kapolsek juga mengingatkan para aparatur kampung agar mengantisipasi pelaku kejahatan pembakaran hutan/lahan secara sengaja maupun tidak, atau atas kelalaiannya di musim kemarau saat ini.

“Mari bersama kita cegah kebakaran hutan dan lahan untuk kenyamanan kita bersama,” himbau Kapolsek sembari menutup arahannya.

Dalam apel tersebut, komandan apel dipercayakan kepada Bhabinkamtibmas Polsek Syiah Utama Brigadir Sahyudi Eprizal. (Andy Lisma/Junaidi Delung)