drh Khairunnas Pimpin Perhiptani Abdya

drh Khairunnas Pimpin Perhiptani Abdya
Foto: analisisnews.com/agus MANDAT: Sekretaris Distanpan Abdya, H Bustamam SP menyerahkan mandat kepada drh Khairunnas yang terpilih sebagai Ketua DPD Perhiptani Abdya, Jumat (26/3/2021).

BLANGPIDIE-drh Khairunnas secara resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Dia terpilih dalam musyawarah daerah (Musda) di aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Blangpidie, Jumat (26/3/2021).

Amatan wartawan, dalam kegiatan Musda yang diinformasikan sempat vakum selama dua tahun itu, drh Khairunnas dinyatakan menang sebagai Ketua DPD Perhiptani Abdya setelah mengungguli suara dari dua calon lainnya yakni Hasnizal dan Putra Zurizal SP. Dimana, ketiga calon yang diusung oleh para pengurus DPD Perhiptani tersebut, merupakan perwakilan penyuluh dari tiga daerah pemilihan (Dapil). Untuk Dapil I (satu) mencakup wilayah Kuala Batee dan Babahrot mengusung Hasnizal sebagai calon. Sementara untuk Dapil II mencakup wilayah Blangpidie, Susoh dan Jeumpa mengusung Putra Zurizal. Sedangkan untuk Dapil III wilayah Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil mengusungkan drh Khirunnas. Setelah dilakukan pemilihan, drh Khairunnas terpilih setelah mengantongi 47 suara dari total suara sebanyak 75 penyuluh yang memberikan hak suara.

“Jumlah penyuluh di Abdya ada sekitar 104 orang, mungkin sebagian tidak berhadir karena berhalangan. Akan tetapi persentase penyuluh yang hadir sudah memenuhi syarat untuk dilakukan Musda,” ujar Khairunnas yang juga selaku Ketua Panitia pelaksana Musda.

Dengan terpilihnya drh Khairunnas sebagai ketua, secara otomatis Putra Zurizal langsung ditunjuk sebagai Bendahara dan Hasnizal menjadi Sekretaris yang akan bertugas untuk membentuk tim prematur dalam menentukan struktur pengurus mulai dari penasehat hingga ke bidang-bidang lainnya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) H Bustamam SP didampingi Kabid Penyuluh Safri Maswadi SPt yang berhadir dalam Musda tersebut secara simbolis langsung menyerahkan mandat kepada pengurus DPD yang baru saja terpilih untuk masa bhakti 2021-2026.

H Bustamam SP dalam kesempatan itu, memberikan ucapan selamat atas terpilihnya pengurus DPD Perhiptani Kabupaten Abdya disertai harapan mampu menjalankan roda organisasi dengan maksimal. Perhiptani merupakan tempat terhimpunnya para penyuluh pertanian. Ini merupakan sebuah kewajiban dimana semua organisasi profesi wajib terhimpun dalam wadah profesional. Karena setiap profesional dalam berkarya dibatasi oleh kode etik. (ag)