Penyuluh Pertanian Berprestasi Akan Ada Hadiah dari Pemkab Bener Meriah

Penyuluh Pertanian Berprestasi Akan Ada Hadiah dari Pemkab Bener Meriah
Analisisnews.com/Junaidi. Foto (Prokopim-BM) Bupati Bener Meriah Sarkawi memberi sambutan untuk penyuluh pertanian Bener Meriah di Balai Penyuluhan (BP) Redelong, Kamis kemarin, 01 April 2021.

REDELONG – Bupati Bener Meriah Sarkawi mengajak penyuluh pertanian Bener Meriah untuk bekerja dengan giat dan sungguh-sungguh dalam membina dan membimbing para petani di Bener Meriah.

“Saya berharap kepada para penyuluh Pertanian khususnya dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah bekerja dengan giat dan sungguh-sungguh, bimbing dan bina para petani kita, laksanakan tupoksi dengan sebaik-baiknya, susun program, kembangkan kelompok tani kita, kaji kebijakan dengan tepat diwilayah kerja masing-masing, karena Penyuluh yang berhasil akan ada Reward  dari Pemerintah Daerah,” kata Bupati Sarkawi, saat bertemu dengan para penyuluh Pertanian di Balai Penyuluhan (BP) Redelong, Kamis kemarin, 01 April 2021.

Bupati juga mengajak para Penyuluh khususnya generasi milenial agar mensosialisasikan dan mengembangkan ide-ide kreatif untuk menumbuhkan perekonomian. Disampaikan juga, pertanian di Bener Meriah harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri, dan modern yang didukung oleh kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing, untuk kaum milenial utamanya untuk hilirisasi.

“Kita jangan hanya bertumpu kepada kopi saja, utamanya memang itu, tapi masih banyak hal-hal lain yang perlu kita kembangkan dalam bidang pertanian dan perkebunan, untuk menggerakkan roda perekonomian kita,” jelas Bupati.

“Saya sangat berharap kalianlah para penyuluh dilapangan yang akan menjadi ujung tombak dan garda terdepan pemerintah daerah  dalam memberikan edukasi kepada para petani di Bener Meriah,  menyampaikan kepada para petani kita untuk tidak lagi bertumpu kepada kopi,” pesan Bupati Sarkawi.

Lain itu, Bupati memberikan contoh keberadaan pisang Cavendish yang telah mendapatkan hasil menarik bahwa di Bener Meriah merupakan salah satu tempat lebih bagus dibanding dengan di Lampung sebagai sumbernya.

“ini juga pernah kita kasihkan kepada tamu kita yang dari Sumbar, dan begitu pula yang ada di Arab Saudi yang pisangnya berasal dari costarika, bila dibandingkan dengan yang berasal dri Bener Meriah jauh lebih enak rasanya yang dari Bener Meriah, Insyaallah tahun ini akan kita buat pengembangan bibitny dan akan kita bagikan kepada masyarakt Pintu Rime Gayo,” ujar Bupati.

Kepada para Penyuluh Bupati mempertegas bahwa mengabdi sebagai penyuluh adalah kesempatan yang baik. Kedepan Pemerintah Daerah juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan penyuluh lewat berbagai regulasi salah satunya reward.

“Reward  adalah  bentuk  dalam memotivasi petugas layanan publik khususnya para Penyuluh untuk melakukan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan meningkatkan prestasi penyuluh itu sendiri dan Pemberian Reward tersebut sesuai dengan mekanisme reformasi birokrasi yang di atur oleh Pemerintah,” jelasnya Bupati.

Pertemuan dengan para penyuluh tersebut juga di hadiri oleh Asisten II drh. Sofyan, Kadis Pertanian dan Pangan Ir. Nurisman, Kepala Dinas PMK Drs. Suarman, MM, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Abdul Kadir, ST, M.Si, dan juga para pejabat lainnya. (Rel/Jun)