Bupati Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kampung Se-Kabupaten Bener Meriah

Bupati Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kampung Se-Kabupaten Bener Meriah
Analisisnews.com/Junaidi. Foto (Prokopim). Bupati Bener Meriah dan Bunda PAUD se-Bener Meriah di GORS kabupaten setempat. Selasa (06/04/2021).

REDELONG – Bupati Tgk. H. Sarkawi menghadiri sekaligus menyaksikan Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kampung se-Kabupaten Bener Meriah yang dikukuhkan oleh Ketua Bunda PAUD yang diwakili oleh Wakil Bunda PAUD Kabupaten Ny. Suryati Dailami bertempat di GORS Kabupaten Bener Meriah, Selasa, (6/4/2021).

Selain Bupati, dalam pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh, Asisten III Armansyah, SE, M.Si, Kadis Pendidikan Sukur, S.Pd, M.Pd, Kadis Kominfo Ilham Abdi, S.STP, M.AP, Kepala Kesbangpol Muhammad Jafar, SH, M.H.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pengukuhan Bunda PAUD Kampung untuk sepuluh Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah mengandung makna yang lauar biasa.

“Dengan Pengukuhan Bunda PAUD pada hari ini, maka kita berbagi beban, berbagi tanggung jawab, berbagi suka cita untuk mengurus PAUD se-Kabupaten Bener Meriah,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, Bunda PAUD Kabupaten bersama Bunda PAUD Kecamatan dan pada hari ini bersama Bunda PAUD Kampung, dengan pengukuhan ini akan berkolaborasi, bekerja bersama-sama untuk membenahi pendidikan PAUD di Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Kampung.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan, dimana untuk saat ini sudah ada sebanyak 181 PAUD dari 232 Kampung se- Kabupaten Bener Meriah yang artinya masih 78% dari total jumlah kampung yang sudah ada PAUDnya, dan masih punya PR 22% lagi, dan ini juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kampung yang terlalu berdekatan umpamanya di Kecamatan Syiah Utama dan kebutuhan PAUDnya tentu menyesuaikan.

Disamping itu, dalam Kesepatan tersebut Bupati juga menegaskan kepada hadirin  bahwa khususnya para reje yang abai dan tidak peduli terhadap PAUD akan diberikan sanksi.

“Kalau ada Reje-Reje Kampung yang cuek, tidak mau mengurus, tidak mau peduli terhadap PAUD di Kampungnya kepada Bapak Camat Dijewerin saja,” tegas Bupati

Sambung Bupati, karena kondisi hari ini, tidak boleh masuk ke jenjang Sekolah Dasar kalau tidak tuntas PAUDnya. “Tidak boleh ada anak usia sekolah yang belum bersekolah atau tidak sekolah di Kabupaten Bener Meriah,” Bupati mengingatkan.

Sementara Ketua Bunda PAUD yang diwakili oleh Wakil Ketua Bunda PAUD Kabupaten Ny. Suryati Dailami dalam sambutanya juga menyampaikan, PAUD merupakan suatu upaya dalam pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun, yang dilakukan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, “agar anak-anak kita memilki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,” tambah wakil Bunda PAUD Kabupaten Bener Meriah.

Melalui PAUD ini, lanjutnya, kita bersama-sama mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik. Kita bersama-sama berperan aktif menyukseskan pendidikan anak usia dini, sesuai dengan peran kita masing-masing, tegas Ny. Suryati Dailami.

Terakhir Ny. Suryati Dailami menerangkan, Bunda PAUD Kampung harus terus membantu program kerja Bunda PAUD Kabupaten Bener Meriah, berdasarkan pedoman kerja Bunda PAUD salah satunya adalah membentuk Pokja dan bekerja dengan Dinas Pendidikan, guna mewujudkan PAUD yang berkualitas dikampung-kampung dan jangan lupa untuk membuat rencana kegiatan dengan melibatkan tokoh masyarakat, baik tokoh adat maupun tokoh agama, pesan Ny. Suryati Dailami.

Pengukuhan Bunda PAUD Kampung se-Kabupaten Bener Meriah tersebut juga dihadiri oleh para Camat, Kabag Keistimewaan dan Kesra Edi Jaswin, S.KM, M.Si, Kabag Prokopim Ruslan Ramadhan, S.STP, para Reje Kampung dan undangan lainnya. (Rel/Jun).