21 Siswa Tahfidzul Quran MIN 8 Abdya Diwisuda

21 Siswa Tahfidzul Quran MIN 8 Abdya Diwisuda
Foto : analisisnews.com/agus s DIWISUDA: Salah satu siswi MIN 8 Abdya menerima piagam penghargaan dalam prosesi wisuda Tahfidzul Quran di halaman MIN setempat, Rabu (7/4/2021).

BLANGPIDIE-Sebanyak 21 siswa kelas III hingga VI pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (7/4/2021) diwisuda sebagai Tahfidzul Quran (Penghafal Alquran)  angkatan pertama Juz  1 dan 30 tahun 2021. Prosesi wisuda yang dihadiri Kasubbag TU Kantor Kemenag Abdya, Khairul Huda, SHI, Kasi Pendis Adihar, SPd.I MA dan Ketua Kelompok Pengawas Madrasah Zulhilmi, SAg serta unsur muspika setempat berlangsung di halaman Madrasah setempat kawasan Desa Paya, Kecamatan Manggeng.

Kankemenag Abdya melalui Kasi Pendis Adihar, SPdI MA usai mewisuda 21 Tahfidzul  Quran MIN 8 Abdya berharap program Tahfidz yang diterapkan di MIN 8 Abdya mampu membangkitkan semangat untuk memajukan madrasah lebih hebat dan bermartabat untuk meraih prestasi yang lebih gemilang. Disamping itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Kepala MIN 8 Abdya beserta dewan guru terutama guru pembimbing program Tahfidz dan siswa yang telah menunjukan dedikasi yang tinggi terhadap program unggulan dimaksud.

Menurutnya, dengan adanya program Tahfidz ini, maka siswa akan memiliki kemampuan membaca dan menghafal Alquran sesuai dengan tingkatannya. Hal ini juga selaras dengan visi misi pendidikan madrasah untuk menciptakan peserta didik yang berkarakter, berakhlak mulia dan cinta Quran.

“Program ini sangat bagus untuk melahirkan generasi Islam yang cinta serta hafal Alquran dan harus diterapkan sejak dini. Peran para guru juga sangat menentukan keberhasilan anak dalam menghafal Alquran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya didampingi Kasubbag TU Kantor Kemenag Abdya, Khairul Huda, SHI.

Kepala MIN 8 Abdya, Zaini Hasan, SAg mengatakan, prosesi wisuda Tahfidzul Quran dilaksanakan untuk angkatan pertama yakni, 4 siswa hafal Juz 1 dan 17 siswa hafal Juz 30. Tahfidzul Quran merupakan program yang telah diterapkan MIN 8 Abdya. Untuk itu,  Dia berharap ke depan, siswa menjadi penghafal Alquran saat lulus.

“Alhamdulillah, tahun 2021 ini meluluskan 21 siswa Tahfidzul Quran. Ke depan akan ditingkatkan lagi,” katanya.

Secara terpisah Ketua Komite MIN 8 Abdya Tgk Safrijal Puri berharap MIN 8 Abdya dapat menjadi salah satu fokus pemerintah khususnya Kementerian Agama untuk membantu dan memberikan dukungan dalam peningkatan mutu pendidikan di Abdya. Program Tahfidzul Quran adalah serangkaian inovasi dalam rangka mendekatkan peserta didik dengan Alquran. Lebih dari itu, MIN 8 Abdya juga dapat menjadi wadah dalam menghafal Alquran yang dapat dijadikan sebagai benteng dari pengaruh buruk globalisasi pada masa sekangan ini. (ag)