Disdukcapil Bener Meriah Lakukan Rekaman KTP-el Bagi Warga Gangguan Jiwa

Pemkab Bener Meriah Lakukan Perekaman KTP-el Bagi Warga Gangguan Jiwa
Analisisnews.com/Junaidi. Foto (Kominfo-BM), petugas Disdukcapil Bener Meriah lakukan rekaman E-KTP kepada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Kamis (08/04/2021).

REDELONG – Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Bener Meriah melakukan perekaman KTP el (elektronik) kepada warga yang mengalami gangguan jiwa. Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa tersebut berasal dari Kampung Bahgie Bertona kecamatan Bandar, yang diantar langsung oleh pihak keluarga ke Disdukcapil, Kamis (8/4/2021).

Bupati Bener Meriah melalui Kadis Disdukcapil Sasmanto, SE mengatakan, setiap warga Indonesia wajib memiliki kartu identitas yaitu KTP-el sesuai dengan undang – undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. “Jangankan orang yang sakit orang yang sehat juga perlu identitas, kalau untuk orang sakit dalam gangguan jiwa sangat perlu identitas guna untuk mendapatkan perhatian dari instansi lain baik itu berupa bantuan dan lain-lainnya,” kata Sasmanto.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Said Fajrinsyah sebagai petugas Perekaman KTP- El tersebut menyampaikan, pihak petugas menghadapi warga gangguan jiwa tersebut tampak berhati-hati, “dan juga harus memahami karakter warga tersebut, karena sesuai pengalaman yang lalu pernah juga mendapat serangan langsung ke badan,” ujarnya.

Lain itu, Sasmanto juga menyerukan kepada seluruh warga Bener Meriah yang memiliki keluarga sakit atau yang belum melakukan perekaman harap di bawa langsung ke kantor untuk dilakukan perekaman. Disampaikan pula, bila memungkinkan, petugas juga bisa hadir ke lokasi atau ke tempat tinggal warga berada. (Rel/Jun)