Komandan KRI Naggala-402 Letkol Heri Oktavian Pernah Sekolah di Takengon

Komandan KRI Naggala-402 Letkol Heri Oktavian Pernah Sekolah di Takengon
Komandan Kapal KRI Naggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian.

TAKENGON – Indonesia tengah mengalami duka atas hilang kontaknya kapal selam NKRI KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali pada Rabu (21/4/2021) kemarin, sekitar pukul 03.00 WIB.

“Personel on board 53 orang (49 ABK, 1 komandan satuan, 3 personel arsenal). Komandan KRI Nanggala-402 atas nama Letkol laut (P) Heri Octavian, sudah menjabat satu tahun,” demikian keterangan tertulis Dispenal.

Sejauh ini, informasi yang diterima analisisnews.com Sabtu malam (24/04/2021), dari 53 personel kapal NKRI KRI Nanggala-402, Komandan kapal  Letkol Heri Oktavian merupakan pernah bersekolah di Takengon yaitu di SDN 1 Takengon dan juga pernah di SMPN 1 Takengon.

Komandan KRI Naggala-402 Letkol Heri Oktavian Pernah Sekolah di Takengon
Kapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu. (CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO).

Informasi ini diterima analisisnews.com dari Abul Gayo, membenarkan bahwa Komandan kapal  Letkol Heri Oktavian dari Takengon.

Saat ditanyai apakah benar orang Takengon, ia membenarkan, “Orang Takengon,” katanya.

Menguatkan informasi tersebut bahwa Komandan kapal Letkol Heri Oktavian dari Takengon dapat dilihat dari pesan berikut.

“Apa kabarmu disana. Sudah beberapa jam engkau dan kru kehabisan oksigen. Gak bisa kami bayangkan kondisimu dan team saat ini. Saat kami tak ingin membayangkan itu. Kami hanya bisa berdoa dan berharaf mendengar kabar bahagia dari negara tentangmu dan teammu,” dalam pesan tersebut.

“Engkau sahabat terbaik kami. Alumni SDN 1 Takengon dan bersama2 kita lanjutkan cerita kita di SMPN 1 Takengon. Sebagai sahabat. Dan sampai hari ini engkau masih sama seperti dulu. Sahabat yg selalu mengisi hari2 kami dengan keceriaanmu”.

Masih dari pesan tersebut, “Mungkin teman2 yg lain tidak mengenalmu dengan nama Heri oktavian. Tapi lebih mengenalnu dengan nama ’Heri Rambut Goyang’. Aku juga gak ingat kenapa nama itu bisa melekat di dirimu saat itu,” dengan tanda tanya.

Diketahui, pesan ini berasal dari sahabatnya. Namun media analisisnews.com belum mendapatkan informasi akurat siapa sebenarnya sahabat Komandan kapal Letkol Heri Oktavian ini yang pernah satu sekolah dengannya, dan siapa yang membuat rilis pesan ini.

“Hari ini bukan hanya keluargamu dan kami sahabatmu yg mengangkatkan tangan berdoa. Menundukan kepala diatas sajjadah. Berharaf bagitu banyak kepada Allah atas keselamatanmu dan teammu. Tapi seluruh rakyat Indonesia. Berjuanglah terus sahabatku.  Lafadzkan nama Allah disetiap hembusan nafasmu. Doa kami mengiringimu.”

Dibawah pesan ini menuliskan, “Cc Sugiono Sugiono, Darmi Eka, helmy Helmi Afandy, Heny Fitrianissa, yulie auliani, reni Renni Handayani Fauzi, Inge viola, iza amalia n All.”

Selain Kapten Kapal Heri Octavian, diketahui anggota yang ada pada kapal KRI Nanggala-402 tersebut juga ada personel lainnya yang berasal dari Aceh yaitu Letkol Laut (E) Irfan Suri.

Diketahui, KRI Nanggala-402 diduga sempat mengalami black out atau mati listrik sebelum hilang kontak di perairan utara Bali, yang diduga hilang sekitar 60 mil atau 95 kilometer.

Informasi yang dihimpun, kala itu kapal dari jajaran Armada II Surabaya hendak melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan Selat Bali. Kini TNI Angkatan Laut (AL) masih melakukan pencarian. (Jun)