H Irmawan: Budidaya Udang Vaname Prospek Menjanjikan

H Irmawan: Budidaya Udang Vaname Prospek Menjanjikan
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI H. Irmawan. S.Sos,MM

BLANGPIDIE-Budidaya udang jenis vaname merupakan prospek yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal tersebut disampaikan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI H. Irmawan. S.Sos,MM saat memberikan pelatihan budidaya udang vaname bagi pembudidaya udang di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) secara blended online tahun 2021 bertempat aula Bappeda setempat, Kamis (24/6/2021).

Dikatakan, budidaya udang vaname merupakan sektor usaha yang prospektif. Prospeknya sangat menggiurkan, bahkan dia yakin jika masyarakat menekuninya dengan baik dalam usaha budidaya akan mampu meningkatkan perekonomian. Kepada para pelaku usaha budidaya udang diminta agar kedepan kualitas dan kuantitas produksi udang vaname ini khususnya di Abdya agar bisa meningkat dari produksi yang selama ini. Namun, harus juga dibarengi dengan ketekunan dan semangat yang tinggi.

Menurutnya, potensi udang vaname sangat besar dan cocok dibudidayakan khususnya di Abdya dan ini juga menjadi solusi peningkatan perekonomian masyakat ditengah pandemi Covid-19 yang sedang merebak saat ini.

Secara terpisah Kepala Dinas Kelautan Abdya, Chalid Hardani menyebutkan produksi udang vaname saat ini sedang berkembang secara pesat serta memiliki potensi yang sangat bagus. Hal itu dibuktikan dari potensi areal budidaya payau di Abdya. Keunggulan lainnya udang tersebut mudah beradaptasi dan kemungkinan udang mati sangat kecil sehingga memiliki prospek yang cukup baik untuk dibudidayakan. Selain itu, udang vaname juga memiliki laju pertumbuhan yang cepat sehingga pengelola tambak tidak perlu menunggu panen terlalu lama.

Dijelaskan, udang vaname adalah salah satu jenis udang putih yang banyak diminati masyarakat. Petambak memilih udang vaname untuk dibudidayakan karena prospek yang cukup menjanjikan, selain karena harganya yang cukup tinggi juga udang jenis vaname mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, bibit udang vaname juga lebih murah dibandingkan harga jenis udang lainnya, hal ini dikarenakan udang jenis vaname tidak mudah terkena penyakit, tahan terhadap kepadatan, serta udang ini juga tergolong tahan terhadap cuaca ekstrim. Oleh karena itu, tidak heran jika petambak banyak yang memilih udang vaname untuk dibudidayakan. Terlebih, budidaya udang vaname juga tergolong tidak terlalu lama, hanya tiga hingga empat bulan, udang vaname sudah bisa dipanen.(ag)