Memudahkan Masyarakat, Setiap Senin Pesawat Susi Air Rutin Terbang ke Banda Aceh

Analisisnews.com/Junaidi. Foto (Iwan Mulya) Pesawat Susi Air di Bandara Rembele Bener Meriah.

REDELONG : Maskapai Susi Air pada tahun 2021 ini secara rutin melayani penerbangan dari Bandara Rembele Bener Meriah menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh.

Penerbangan Susi Air Cessna C208 ini telah beroperasi seminggu sekali setiap hari Seninnya sejak Februari lalu.

Dari Bener Meriah sendiri, jadwal penerbangan menuju Bandara SIM Banda Aceh berlangsung pada pukul 08.00 – 08.45 WIB. Sementara dari Bandara SIM ke Kabupaten Bener Meriah beroperasi pada waktu 08.55-09.40 WIB.

Dalam kata lain, kabupaten Kopi ini kini telah membangun komitmen untuk membantu dan memudahkan masyarakat kabupaten setempat dalam menjalankan segala aktivitas dari Bener Meriah ke Banda Aceh dan sebaliknya hanya dalam waktu 45 menit.

Kehadiran pesawat Susi Air Cessna C208 ini bisa membantu masyarakat dalam menjalankan segala aktivitas pekerjaan, bisnis, kuliah serta keperluan lainnya.

Hal ini disampaikan Kasubsi Teknik, Operasi, Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandar Udara (Bandara) Rembele Bener Meriah Iwan Mulya kepada analisisnews.com, Rabu (30/6/2021).

Iwan menerangkan, sejauh ini pihaknya telah melangsungkan aktivitas Susi Air ini sejak Februari 2021 lalu sekaligus sebagai jalur perdana perintis penerbangan dari Bandara Rembele menuju Banda Aceh.

Terkait dengan penumpang, Iwan merincikan sejak Februari 2021 lalu minat masyarakat yang mau memanfaatkan pesawat Susi Air ini masih relatif rendah.

“Untuk tingkat keterisian memang kita maklumi, perjalanan masyarakat masih kurang. Kita maklumi, ada beberapa faktor yang mungkin terjadi selama ini, seperti tingkat perjalanan masyarakat juga masih kurang terutama ke Banda Aceh  atau mungkin karena kondisi Pandemi dan banyak yang masih menggunakan angkutan Pribadi, ” kata Iwan.

Analisisnews.com/Junaidi. Foto (Humas Bandara Rembele), Pesawat Susi Air terbang diatas Bandara Rembele, Bener Meriah.

Selain itu Iwan menjelaskan, kehadiran rute pesawat Susi Air ini memiliki alasan penting sehingga kenapa kemudian dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara RI mengizinkan operasi walaupun hanya seminggu sekali. 

“Tujuannya tidak lain adalah membantu masyarakat kita untuk menempuh perjalanan jarak jauh menjadi dekat. Makanya juga dari dulu kita usulkan karena hanya 45 menit kita bisa di Bener Meriah,” ujar Iwan.

Ditambahkan lagi, selain berbisnis dan kepentingan lainnya Pesawat ini juga bisa membantu masyarakat yang hendak berobat ke Banda Aceh dengan waktu cepat dan singkat. 

Tidak hanya itu, di Bener Meriah sendiri juga tersedia angkutan Pemadu Moda untuk penumpang yang baru tiba dari Banda Aceh untuk diantarkan ke tempat tujuan di dataran tinggi Gayo.

Demikian sebaliknya, di Banda Aceh sejauh ini juga telah tersedia bus angkutan umum dan taksi serta transportasi lainnya yang telah disediakan pihak Bandara.

Informasi yang diterima analisisnews.com, pesawat ini dapat diisi sebanyak 12 orang penumpang. 

Bagi masyarakat Bener Meriah yang hendak memesan tiket dapat dihubungi  nomor yang telah disediakan oleh pihak maskapai di 0812-6085-6118 (Angkasa Nusa Travel Simpang Tiga). Sementara untuk Banda Aceh dapat dihubungi melalui nomor 0811-6138-333. (Jun)