Aksi Pencurian Celengan Masjid Resahkan Warga

Aksi Pencurian Celengan Masjid Resahkan Warga
Foto: analisisnews.com/agus s PENCURIAN: Aksi pelaku pencurian isi kotak amal Masjid Baitul Qhahar Desa Durian Rampak Kecamatan Susoh, Abdya terekam kamera pengintai masjid setempat, Minggu (11/7/2021)

BLANGPIDIE-Aksi pencurian celengan masjid (kotak amal) dalam kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) resahkan warga. Pasalnya, kasus pencurian dengan cara merusak dan menguras seluruh isi celengan kerap terjadi di sejumlah masjid di kabupaten setempat.

Informasi yang diterima wartawan, Minggu (11/7/2021) telah terjadi pencurian isi kotak amal Masjid Baitul Qhahar Desa Durian Rampak Kecamatan Susoh, Abdya. Informasi itu disampaikan Ketua Pembangunan Masjid Baitul Qhahar, Suryandra Jalil SE kepada wartawan.

Dikatakan, aksi perusakan dan pencurian isi kotak amal itu terjadi pada Minggu (11/7/2021) sekira pukul 03.28 WIB jelang subuh. Aksi kejahatan itu terekam jelas oleh kamera pengintai yang terpasang di sejumlah sisi masjid. Dari hasil rekaman, perbuatan tidak terpuji itu dilakukan oleh pelaku tunggal dengan menggunakan sebuah linggis untuk merusak gembok celengan dan kemudian membawa kabur isi tabungan kotak amal tersebut.

“Kejadian ini sangat meresahkan warga, bahkan kasus ini bukan kali pertama terjadi di Masjid Baitul Qhahar. Semua aksi pelaku terekam jelas oleh kamera pengintai yang terpasang di beberapa sisi masjid,” ujarnya.

Ditambahkan, kasus ini telah dilaporkan secara resmi ke aparat penegak hukum untuk diusut hingga tuntas, bahkan semua barang bukti termasuk rekaman kamera pengintai juga ikut diserahkan untuk kebutuhan penyelidikan.

“Besar harapan kasus ini segera terungkap dan pelaku dapat tertangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” imbuhnya.

Catatan wartawan, belum lama ini juga terjadi kasus serupa di Desa Paya Kecamatan Manggeng kabupaten setempat. Pelaku HS (21) merupakan warga Kecamatan Setia yang berhasil diamankan warga usai melakukan aksi pencurian isi celengan masjid.

Pemuda berambut gondrong itu kedapatan mencuri celengan masjid milik Desa Paya. HS diamankan seusai salah seorang pemuda yang ingin pulang ke rumah, mendapatkan laporan dari warga yang rumahnya berdekatan dengan masjid, melihat pelaku mengambil uang kotak amal masjid. Sesuai mengambil, pemuda itu pun pergi menggunakan sepeda motor matic ke arah persawahan. Kejadian itu sekira pukul 02.00 WIB dini hari. Seusai salah seorang warga mendapat laporan adanya pencurian itu, dia langsung balik ke kantor Keuchik yang saat itu mereka sedang menunggu laga Itali-Spanyol dimulai.

Mendapat laporan itu, para pemuda pun bergegas mencari pelaku dengan menyisir sejumlah tempat. Alhasil, HS ditemukan di pertengahan sawah sedang asyik menghitung uang hasil curiannya tersebut. Dalam jok sepeda motor itu, warga juga mendapatkan uang dan satu martil, yang diduga sebagai alat untuk melancarkan aksinya.

Dedek salah seorang warga mengaku prihatin dan resah dengan aksi pencurian kotak amal masjid tersebut. Pasalnya, kejahatan dimaksud telah kerap terjadi di sejumlah masjid dalam kabupaten setempat. Tentu perbuatan itu sangat merugikan masyarakat setempat.

“Besar harapan aksi pencurian seperti ini tidak terulang kembali. Karena sangat meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (ag)