Pria Idap Gangguan Jiwa Bakar Rumah

Pria Idap Gangguan Jiwa Bakar Rumah
Foto:analisisnews.com/agus s TERBAKAR: Rumah warga di Desa Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Abdya terbakar, Jumat (16/7) sekira pukul 02.30 WIB. Pelaku diduga mengalami gangguan jiwa.

BLANGPIDIE-Ns (31) pria yang mengidap gangguan jiwa warga Desa Blang Makmur Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diduga dengan sengaja membakar satu unit rumah milik Salmiah (33) warga setempat yang tak lain merupakan kakak kandung dari pelaku.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK melalui Kapolsek Kuala Batee, Ipda Muhammad Nasir, Jumat (16/7/2021) membenarkan kejadian tersebut. Rumah yang dihuni Salmiah bersama suaminya Danu itu terbakar sekira pukul 02.30 WIB jelang subuh.

“Kebakaran hebat yang menimpa ruang tengah dan dapur rumah ibu rumah tangga itu, berat dugaan dilakukan oleh seorang pria yang merupakan adik kandung pemilik rumah. Dimana, pelaku disinyalir mengidap gangguan jiwa (tidak waras),” ujarnya.

Dikatakan, sebelumnya Polsek Kuala Batee mendapatkan laporan kalau rumah warga itu dibakar oleh adik kandungnya sendiri yang mengalami gangguan jiwa. Saat ini pelaku telah diamankan termasuk tiga bilah parang dari tangan pelaku.

Awalnya, pelaku Ns (31) saat itu sedang terlibat adu mulut dengan abang kandungannya Zainuddin termasuk ibu kandungnya. Bahkan pelaku sempat mengancam akan membacok abangnya jika keinginannya tidak dituruti. Buntut dari pertengkaran itu, pelaku yang pada saat itu dalam kondisi tidak waras langsung menyulutkan api ke rumah semi permanen milik kakak kandungnya dan rumah yang bersebelahan lainnya di lokasi itu.

Melihat kobaran api, seketika itu warga langsung keluar berhamburan untuk memberikan bantuan. Bahkan satu unit Damkar juga ikut membantu memadamkan api. Pascakejadian, pelaku telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Abdya untuk direhabilitasi. Menurut laporan Keuchik Blang Makmur,  Ns memang pernah mengalami gangguan jiwa dan sempat direhab.

“Pelaku dulunya memang sempat direhab lantaran gangguan jiwa yang diidapnya. Mungkin kumat lagi hingga dia membakar rumah kakak kandungnya sendiri,” tuturnya. (ag)