Bulog Aceh Salurkan Beras Bantuan PPKM

Bulog Aceh Salurkan Beras Bantuan PPKM
BERAS PPKM : Sejumlah pekerja sedang mengangkat karung beras bantuan PPKM ke dalam kendaraan penyalur milik PT. Pos Indonesia di Gudang Bulog di kawasan Siron Aceh Besar, Kamis (22/7/2021) (Analisisnews.com/barlian erliadi)

BANDA ACEH – Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Aceh mulai menyalurkan sebanyak 4.261 ton beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk 426.174 penerima manfaat di Aceh. Dalam penyaluran itu, Bulog menggandeng PT. Pos Indonesia cabang Banda Aceh untuk mendistribusikan kepada masyarakat.

Kepada Analisisnews.com, di Gudang Bulog kawasan Siron Aceh Besar, Kamis (22/7/2021), Kepala Perum Bulog Kanwil Aceh, Irsan Nasution mengatakan, secara umum Kementerian Sosial telah menugaskan Per Bulog untuk menyalurkan beras bantuan PPKM seluruh Indonesia. Di Aceh, sebanyak 4.261 ton beras mulai disalurkan Bulog kepada masyarakat di 23 kabupaten dan kota di provinsi paling barat Indonesia itu.

“Kita targetkan dalam sebulan ini sudah tersalurkan semua. Pengangkutnya adalah PT Pos Indonesia dan kita berharap bisa sesuai target dan kita harapkan juga dukungan semua pihak dalam penyaluran ini,” kata Irsan.

Bulog Aceh Salurkan Beras Bantuan PPKM
LEPAS: Kepala Perum Bulog Kanwil Aceh, Irsan Nasution didampingi Kepala Kantor PT. Pos Indonesia cabang Banda Aceh Fendi Anjasmara melepas armada pengangkut beras bantuak PPKM di Gudang Bulog di kawasan Siron Aceh Besar, Kamis (22/7/2021) (Analisisnews.com/barlian erliadi)

Lebih lanjut, Isran Nasution mengatakan beras bantuan PPKM dimaksud akan disalurkan kepada sebanyak 426.174 penerima manfaat di Aceh yang terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) maupun penerima bantuan sosial tunai yang telah terdata. “Jadi, ketiap penerima manfaat akan menerima 10 kg beras bantuan PPKM,” ujarnya.

Terlihat, sejumlah pekerja menggotong beras dari gudang ke dalam kendaraan pengangkut milik PT. Pos Indonesia di Gudang Bulog Siron. Kepada wartawan, Kepala Perum Bulog Kanwil Aceh, memperlihatkan berat beras dalam setiap karung seberat 10,5 kilogram.

Beras bantuan tersebut, kata Irsan, merupakan beras lokal yang dibeli dari petani di Aceh pada musim tanam rendengan beberapa waktu lalu. Sehingga, katanya, kualitas beras yang diberikan kepada masyarakat terjamin.

Sementara itu, Kepala Kantor PT  Pos Indonesia Cabang Banda Aceh, Fendi Anjasmara mengatakan, pihaknya yang ditugaskan untuk menyalurkan, juga menargetkan selesai dalam sebulan ini. “Sudah kita siapkan personel dan armada yang bertugas untuk mendistribusikan sampai kepada masyarakat penerima manfaat,” ungkapnya.

Dalam pendistribusian, katanya, PT Pos Indonesia cabang Banda Aceh berkoordinasi dengan semua kepala daerah dan tim PKH dan unsur terlibat lainnya dalam rangka memperlancar penyaluran. Sementara, di kawasan kepulauan seperti Pulo Aceh, dan lainnya, dilakukan penyalurannya dalam beberapa titik. Hal itu untuk mempermudah masyarakat mengakses bantuan beras dimaksud. “Target kita, dalam sebulan ini memang harus selesai,” ujarnya. (bar)