Warga Berharap Pelaku Pencurian Celengan Masjid Baitul Qahhar Segera Tertangkap

Warga Berharap Pelaku Pencurian Celengan Masjid Baitul Qahhar Segera Tertangkap
Aksi pencurian isi kotak amal Masjid Baitul Qhahar Desa Durian Rampak Kecamatan Susoh, Abdya, Minggu (11/7/2021) lalu terekam kamera CCTV.

BLANGPIDIE-Warga Desa Durian Rampak Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berharap pelaku pencurian celengan masjid (kotak amal) Baitul Qahhar segera tertangkap. Aksi perusakan dan pencurian isi kotak amal itu terjadi pada Minggu (11/7/2021) sekira pukul 03.28 WIB jelang subuh. Aksi kejahatan itu terekam jelas oleh kamera pengintai yang terpasang di sejumlah sisi masjid. Dari hasil rekaman, perbuatan tidak terpuji itu dilakukan oleh pelaku tunggal dengan menggunakan sebuah linggis untuk merusak gembok celengan dan kemudian membawa kabur isi tabungan kotak amal tersebut.

Keuchik Durian Rampak, Suhaimi didampingi Imam Masjid, Tgk Syamsuar dan Suryandra Jalil selaku Ketua Pembangunan Masjid, Senin (30/8/2021) mengaku prihatin dengan kejadian tersebut. Akan hal itu pihaknya atas nama warga desa setempat berharap pihak kepolisian untuk segera menangkap pelaku. Apalagi kasus pencurian isi kotak amal di masjid dimaksud bukanlah kali pertama terjadi.

Ditambahkan, hal ini sangat penting untuk kemaslahatan dan keamanan masyarakat Susoh umumnya. Karena itu, warga setempat sangat berharap upaya aparat kepolisian untuk memburu pelaku pencurian ini. Mengingat kejadian yang serupa agar tidak terulang lagi.

“Kasus ini bukan kali pertama terjadi di Masjid Baitul Qahhar. Semua aksi pelaku terekam jelas oleh kamera CCTV yang terpasang di beberapa sisi masjid.  Sudah sebulan aksi pencurian terjadi, namun pelakunya belum tertangkap. Kami selaku masyarakat desa Durian Rampak sangat berharap pelakunya dapat segera ditangkap,” ujarnya.

Seperti diketahui, aksi pencurian celengan masjid dalam kawasan Abdya beberapa waktu lalu sempat resahkan warga. Pasalnya, kasus pencurian dengan cara merusak dan menguras seluruh isi celengan kerap terjadi di sejumlah masjid di kabupaten setempat.

Informasi yang diterima wartawan, Minggu (11/7/2021) telah terjadi pencurian isi kotak amal Masjid Baitul Qhahar Desa Durian Rampak Kecamatan Susoh, Abdya. Informasi itu disampaikan Ketua Pembangunan Masjid Baitul Qahhar, Suryandra Jalil kepada wartawan. Pelaku setelah merusak celengan, langsung membawa kabur seluruh isinya. Kasus ini telah dilaporkan secara resmi ke aparat penegak hukum untuk diusut hingga tuntas, bahkan semua barang bukti termasuk rekaman kamera pengintai juga ikut diserahkan untuk kebutuhan penyelidikan.

“Besar harapan kasus ini segera terungkap dan pelaku dapat tertangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” imbuhnya.(ag)