Lawan Covid-19, Pemuda Pancasila Turunkan Relawan

Lawan Covid-19, Pemuda Pancasila Turunkan Relawan
Foto: analisisnews.com/istimewa PELEPASAN: Kepala Badan Kesbangpol Aceh, Bachtiar S Sos didampingi Ketua MPW PP Aceh, Teuku Juliansyah Darwin melepas secara resmi tim relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cabang Banda Aceh di halaman Kantor Sekretariat MPW PP Aceh kawasan Jalan Tgk Chik Ditiro, Banda Aceh, Rabu (15/9/2021).

 

BANDA ACEH-Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)  Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Aceh, Rabu (15/9/2021), membuka Posko  dan sekaligus  menurunkan tiga tim relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPCD-19) ke pelosok gampong (desa) selama dua pekan depan. Hal itu merupakan bentuk kepedulian Ormas PP untuk memerangi virus Covid-19 di Kota Banda Aceh yang saat ini berstatus zona merah.

Amatan wartawan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama MPW PP Aceh dengan Indika Foundation. Pelaksanaannya dikemas dalam bentuk bakti sosial juga turut membagikan 500 paket Covid-19 kepada masyarakat terdampak. Tim relawan GTC-19 Pemuda Pancasila itu dilepas langsung secara resmi oleh Walikota Banda Aceh yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol  Banda Aceh, Bachtiar S Sos didampingi Ketua MPW PP Aceh, Teuku Juliansyah Darwin dan unsur Muspida Banda Aceh lainnya di Kantor Sekretariat MPW PP Aceh kawasan Jalan Tgk Chik Ditiro, Banda Aceh.

Kepala Kesbangpol, Bachtiar mengakui sampai sejauh ini Ormas yang terlibat langsung untuk penangan Covid-19 di Banda Aceh baru Pemuda Pancasila.

“Sejauh yang saya tahu baru Ormas PP yang terlibat langsung untuk penanganan Covid-19 di Banda Aceh. Semoga ke depan kami harapkan ada ormas lain juga yang ikut serta dalam kegiatan serupa,” ujarnya.

Ketua MPW PP Aceh  Teuku Juliansyah Darwin dalam sambutannya saat membuka secara resmi Posko  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian program secara nasional dilaksanakan PP di seluruh Indonesia.  Adapun daerah yang ditugaskan untuk kegiatan tersebut merupakan kawasan yang masuk dalam zona merah.

“Karena di Aceh saat ini yang berstatus zona merah hanya tinggal Banda Aceh. Maka kegiatan ini hanya kita fokuskan di sini. Mudah-mudahan Banda Aceh cepat keluar dari zona merah,” katanya.

Ditambahkan, kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan wujud kerjasama PP dengan Indika Foundation. Adapun, tim relawan GTC ini dibagi dalam tiga tim gugus tugas terdiri dari, tim tugas  sosialisasi, tim tugas penyemprotan desinfektan indoor dan outdoor, serta tim pembagian paket Covid-19 sebanyak 500 paket.

“Tim ini di SK kan langsung oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat dari Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPB),” sebutnya.

Ketua Tim Relawan Gugus Tugas Cabang Aceh, Teuku Rinaldi yang didampingi salah satu relawan, Zulkifli Thalib kepada wartawan mengatakan,  dalam melaksanakan kegiatan ini pihaknya sangat berharap dukungan masyarakat.  Kalau tanpa dukungan masyarakat, pihaknya tidak akan sukses melaksanakan kegiatan bakti sosial ini yang waktunya hanya dua pekan. Menyangkut penyemprotan disinfektan akan dilakukan di kawasan yang berstatus zona merah dan fasilitas umum seperti, sekolah, rumah ibadah, dan pasar.

“Karena saat ini di Banda Aceh sekolah belum ada yang melakukan kegiatan belajar secara tatap muka. Maka dari itu terkait penyemprotan disinfektan akan disesuaikan,” pungkasnya. (ag)