Bupati Abdya Apresiasi Kinerja Mantan Sekda

Bupati Abdya Apresiasi Kinerja Mantan Sekda
Foto:analisisnews.com/agus s DILANTIK: Bupati Abdya Akmal Ibrahim saat melantik mantan Sekda Abdya Drs Thamrin sebagai Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Kerjasama pada Setdakab Abdya, Kamis (7/10/2021).

BLANGPIDIE-         Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, Kamis (7/10/2021), mengapresiasi kinerja mantan Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Drs Thamrin yang bisa menjadi contoh serta panutan bagi seluruh aparatur sipil negera (ASN) di lingkup Pemkab Abdya. Hal itu disampaikanya saat melantik Drs Thamrin sebagai Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Kerjasama pada Setdakab Abdya.

“Berhenti dari jabatan Sekda Abdya adalah keputusan beliau sendiri, lantaran yang beliau akan memasuki masa pensiun pada bulan Juni tahun depan,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca dalam prosesi pelantikan di lobi kantor bupati setempat.

Dalam proses pelantikan orang yang dituakan di Abdya itu, Bupati Akmal mengaku sangat kehilangan sosok panutan yang selalu membawa kesejukan dalam menjalankan amanah dan jabatan. Selalu saja ada solusi terbaik yang diberikan dalam setiap persoalan. Selama dua periode dia mempin Abdya, belum ada Sekda sehebat Drs Thamrin. Dia merupakan sosok yang disegani dan dihormati oleh seluruh bawahan termasuk para kepala SKPK.

“Sekda boleh diganti, tapi Bang Thamrin tidak tergantikan. Saya sangat berat melepaskan beliau, kinerja beliau sangat bagus. Mampu membawa kesejukan dan beliau sangat dihormati,” tutur yang disambut gemeruh tepuk tangan Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, Ketua DPRK Nurdianto, Kajari Abdya Nilawati SH MH, Wakapolres Kompol Muhayat Effendie SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie, Zulkarnain SH MH dan Kepala Makamah Syar’iyah Blangpidie Amrin Salim SAg MA serta para Kepala SKPK lainnya.

Mengapa langkah cepat itu diambil, karena pada bulan Januari 2022 mendatang, Bupati tidak boleh lagi melantik atau mengganti pejabat terkecuali atas persetujuan Mendagri. Dia mengucapkan rasa terimakasih atas dedikasi Drs Thamrin selama menjadi Sekda Abdya.

“Perkembangan kader pejabat di Abdya sudah sangat baik. Tapi, belum seperti Bang Thamrin. Beliau adalah orang yang luar biasa,” katanya.

Bupati Akmal sedikit mengulang kisah ketika awal dilantik pada tahun 2017 lalu, dia mendapat masukan kalau Sekda Thamrin harus segera diganti. Setelah melakukan pengamatan terhadap kinerjanya, ternyata tidak ada yang salah dan keinerjanya sangat baik dan memuaskan. Menariknya, semua menaruh hormat kepadanya, bahkan saat pembahasan anggaran dengan DPRK juga terbangun komunikasi yang baik.

“Karenanya sekitar enam bulan baru saya menjabat sebagai Bupati Abdya, tidak ada pergantian Sekda. Kami melalui bersama di pemerintahan yang terlihat ringan namun berat. Beliau selalu ada dalam segala persoalan. Secara tidak langsung kita sudah membangun tradisi yang bagus dalam pemerintahan Abdya. Beliau merupakan sosok orang tua yang bisa dicontoh dan menjadi panutan untuk kader pejabat dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Catatan wartawan, Drs Thamrin menjabat sebagai Sekda Abdya diperkirakan selama tujuh tahun lebih sejak masa pemerintahan Bupati periode lalu hingga hampir berakhirnya Bupati Akmal Ibrahim. Untuk pergantian Sekda Thamrin, Bupati Akmal akan menunjuk Pelaksama tugas (Plt) dalam waktu dekat ini. (ag)