Reriah-Reriö Disosialisasikan Kepada Kepala Sekolah dan Siswa Se-Kabupaten Bener Meriah

Analisisnews.com. REDELONG : Ketua Sanggar Gayo Symphony, Edy Ranggayoni mensosialisasikan kegiatan Reriah-Reriö kepada kepala sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Bener Meriah. Kamis (7/10/2021).

REDELONG : Ketua Sanggar Gayo Symphony, Edy Ranggayoni mensosialisasikan kegiatan Reriah-Reriö kepada kepala sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan yang dilakukan sanggar Gayo Symphony ini merupakan salah satu penerima FBK tahun 2021 dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Proposal yang masuk untuk FBK tahun 2021 mencapai 6667 proposal, yang lolos kurasi hanya sebanyak 144 proposal, Sanggar Gayo Symphoni adalah salah satunya.

“Tujuan utama dari kegiatan Reriah-Reriö adalah untuk meningkatkan kecerdasan sosial remaja terutama siswa SLTA di Kabupaten Bener Meriah,” kata Edy.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kata Edi, melalui Reriah-Reriö akan dilaksanakan serangkaian kegiatan kebudayaan seperti Lomba Mungaro dan Begule, transformasi budaya lintas generasi, pengayaan kearifan tradisional, peningkatan pengetahuan tradisional (kuliner, rempah asli Gayo dan metode penyehatan) berbasis sumber daya alam Gayo.

“Tentu saja dipadu dengan serangkaian kegiatan kesenian seperti pepongoten, guru didong, bines, atraksi gasing dan panggung kesenian,” tambahnya.

Kepada media ini disampaikan, antusias peserta pada kegiatan ini terlihat bersemangat dan menyatakan bersedia pada saat melakukan pendaftaran.

Hampir seluruh SLTA di Kabupaten Bener Meriah mendaftarkan diri dan menyatakan kesediaan untuk mengikuti acara Reriah-Reriö. 

“Kuota peserta untuk mungaro telah tercapai, sedangkan  untuk begule kuota pendaftaran masih tersedia 1 (satu) kelompok lagi,” tutup Edy. (Jun)