Jelang MTQ Aceh, Peserta Cabang KTIQ Bener Meriah Terus Asah Kemampuan

  • Whatsapp
Analisisnews.com/Peserta (di tengah) Cabang KTIQ Bener Meriah sedang bersama pembimbing melakukan latihan. Rabu, 19 Januari 2022.

REDELONG : Menjelang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung di Redelong Kabupaten Bener Meriah pada Maret 2022 mendatang, Peserta Cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an (KTIQ) dari Bener Meriah terus rutin mempersiapkan diri melakukan latihan secara mendalam.

Adapun peserta yang mengikuti latihan tersebut ialah, Hilmadia Miranti, Hilma Vina, dan Syahriza yang langsung dibimbing oleh tiga pelatihnya yaitu, Turham AG, S. Ag., M. Pd, Muhajir, M. Hum dan Zaini Maktum, MA.

Latihan yang dilaksanakan di Kantor Dinas Syari’at Islam Bener Meriah tersebut merupakan lanjutan dari Training Center (TC) yang telah dilaksanakan di Medan dan Banda Aceh beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengulang dan mengasah kambali materi-materi yang telah pernah disampaikan narasumber kepada peserta dalam TC,” jelas Muhajir, MA pada analisisnews.com, Rabu siang (19/01/2022).

Lebih lanjut Muhajir menambahkan, semuanya ini untuk mempersiapkan peserta menghadapi MTQ tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan di Kabupaten Bener Meriah, oleh sebab itu perserta cabang KTIQ harus mempersiapkan diri sebagai peserta musabaqah tersebut baik dari materi atau mental.

“Kami dari pembimbing atau pelatih cabang KTIQ sangat mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, tokoh ulama, tokoh adat Bener Meriah semoga peserta KTIQ maksimal dalam menghadapi MTQ tingkat Provinsi Aceh nanti,”pungkas Muhajir, yang juga Kabag umum Setdakab Bener Meriah ini.

Sementara itu Turham AG, S.Ag., M.Pd dalam pada kesempatan itu juga menegaskan, sebagai pembimbing, telah menjadi kewajiban mereka untuk terus mempersiapkan peserta dalam menghadapi MTQ tingkat provinsi Aceh mendatang.

“Persiapan yang dilakukan bukan hanya dari segi materi KTIQ, namun mental peserta juga perlu dibina sehingga memasuki arena MTQ nanti peserta kita telah siap,” kata Turham.

Sebab, tambah mahasiswa Program Doktor (S-3) UIN Sumatera Utara itu, peseta KTIQ harus benar-benar mempersiapkan diri, memerlukan analisis yang tajam dan mendalam dari tulisan yang membahas satu topik melalui metode maudhu’i (tematik).

Informasi yang dihimpun media ini, kegiatan MTQ Provinsi Aceh akan berlangsung pada bulan Maret 2022 mendatang di Redelong, Kabupaten Bener Meriah. (Jun)

Pos terkait