Bacalon Keuchik Ramaikan Polres Abdya

  • Whatsapp
Bacalon Keuchik Ramaikan Polres Abdya
Foto: analisisnews.com/agus s SKCK: Sejumlah bacalon keuchik ramaikan ruang tunggu pembuatan SKCK di Mapolres Abdya, Rabu (26/1/2022)

BLANGPIDIE-Bakal calon (Bacalon) keuchik di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) beramai-ramai mendatangi Mapolres setempat dalam beberapa hari terakhir. Kehadiran Bacalon keuchik itu untuk mengurus pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) sebagai kelengkapan administrasi untuk menjadi calon keuchik pada pemilihan keuchik secara langsung (Pilchiksung) pada bulan Maret 2022 mendatang.

Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK melalui Kasat Intelkam, AKP Suprianto, Rabu (26/1/2022) membenarkan jika dalam beberapa hari terakhir banyak warga yang mengurus SKCK.  Sejumlah bacalon keuchik tersebut mengurus SKCK untuk kelengkapan administrasi pada saat mendaftar nanti. Sehari sebelumnya ada puluhan bacalon keuchik yang melakukan pengurusan.

“Bisa jadi hari ini bertambah, karena sampai jam 15.00 WIB ada sekitar 30 warga yang membuat SKCK. Sementara kita menutup pelayanan sampai pukul 14.30 WIB,” ujarnya.

Dia memprediksi bahwa proses pembuatan SKCK ini akan terus berlanjut hingga sampai waktu pendaftaran berakhir. Jika proses pendaftaran diperpanjang, pasti akan ada yang membuat SKCK lagi ke Mapolres Abdya. Selain bacalon keuchik, ada juga warga lainnya yang membuat SKCK untuk keperluan lainnya.

Meskipun demikian, pihaknya terus meningkatkan pelayanan kepada warga yang akan mengurus SKCK untuk keperluan administrasi warga dimaksud. Intinya, warga yang akan mengurus SKCK mesti melengkapi syarat yang telah ditentukan.

Adapun syarat untuk membuat SKCK, mesti membawa foto copy KTP, Kartu Keluarga (KK), ijazah terakhir, akte kelahiran, sertifikat vaksin, pas foto 3×4 dua lembar dan 4×6 tiga lembar termasuk surat kesehatan dari dokter.

Helmi salah satu pemohon mengatakan, jauh hari dia telah mempersiapkan berkas mendaftar calon keuchik tersebut. Terutama yang akan diurus olehnya adalah SKCK dan administrasi lainnya termasuk surat kesehatan.

“Yang mengatre lumayan ramai, meskipun begitu kami tetap menunggu hingga selesai pembuatan SKCK tersebut,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait