Gubernur Aceh: Adat dan Budaya Harus Dijaga

  • Whatsapp
MAA dan Masyarakat Harus Bersinergi Lestarikan Adat Budaya
Gubernur Aceh Nova Iriansyah

BANDA ACEH-Gubernur Aceh Nova Iriansyah menegaskan adat budaya Aceh harus selalu dijaga kelestariannya, karena adat budaya ke Acehan yang telah ada, merupakan warisan luhur untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik. Hal tersebut ditegaskannya pada acara kunjungan kerja Menteri Pemuda dan Olahraga RI dan Rapat Kerja bersama Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI, dalam rangka reses masa persidangan III tahun sidang 2021-2022 di gedung Serbaguna Setda Aceh, Rabu (25/2/2022).

Menurutnya, adat dan budaya merupakan kekayaan alamiah yang tak ternilai harganya dan sebuah warisan leluhur yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Aakan hal itu, menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat Aceh.

Adat dan budaya Aceh diilhami serta sejalan dengan nilai syariat Islam, sebagaimana pepatah Aceh menyebutkan Hukom ngen adat hanjeut cree, lagee zat ngen sifeut. Adat dan budaya berlandaskan Syariat, menjadi arus utama yang mewarnai berbagai aspek kehidupan masyarakat Aceh.

Seiring perkembangan zaman, pergeseran nilai-nilai adat dan kebudayaan dapat saja terjadi dengan mudah, sehingga bila dibiarkan berlarut-larut tanpa upaya melestarikannya, akan berdampak kehilangan indentitas kebudayaan itu sendiri.

“Sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga dan melestarikan adat, budaya dan tradisi Aceh. Oleh karena itu, berbagai upaya pelestarian adat budaya Aceh harus selalu dilakukan, baik melalui pendidikan maupun keterlibatan semua pihak dan elemen masyarakat dalam menjaga kelestarian budaya,” imbuhnya. (adv)

Pos terkait