Tokoh Adat Miliki Peran Penting Dalam Mempertahankan Adat Istiadat

  • Whatsapp
Upaya Sosialisasi Adat Aceh Terus Dilakukan
Kepala Sekretariat MAA H Darmansah S.Pd, MM

BANDA ACEH-Tokoh adat Aceh memiliki peran penting dalam mempertahankan adat istiadat di suatu daerah. Disamping itu, tokoh adat juga berperan untuk menggali nilai-nilai luhur budaya daerah yang kemudian menjadi kekayaan daerah itu sendiri. Hal itu disampaikan Kepala Sekretariat MAA Provinsi Aceh, H Darmansah, SPd. MM, Sabtu (12/3/2022).

Dalam Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2004 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Majelis Adat Aceh menyebutkan bahwa kehidupan masyarakat Aceh telah memberi kedudukan dan peran kepada lembaga adat Aceh untuk menjalankan adat istiadat dalam bermasyarakat dan bernegara. Qanun inilah yang menjadi dasar pembentukan Majelis Adat Aceh (MAA) sebagai lembaga penyelenggara program bidang adat istiadat.

Akan hal itu dia meminta kepada para tokoh adat untuk terus melestarikan adat dan adat istiadat serta budaya yang hidup di gampong-gampong yang sudah diwariskan oleh endatu dahulu, seperti gotong royong, solidaritas dan sosial yang tinggi, sopan santun, dan lainnya.

Selain itu, dia juga mengajak para tokoh adat untuk melakukan kajian-kajian terhadap perkembangan adat dan budaya agar dapat menentukan langkah terbaik untuk menjaga dan merawat adat dan budaya yang menjadi identitas masyarakat Aceh.

“Tujuannya untuk menggali dan meningkatkan kualitas adat dan nantinya bisa diwariskan kepada anak cucu,” tutupnya. (adv)

Pos terkait