Pulau Banyak, Pesona di Ujung Barat Aceh

  • Whatsapp
Pulau Banyak, Pesona di Ujung Barat Aceh
Suasana menjelang sore di Pulau Banyak. (Foto: Dok Disbudpar Aceh)

SEBAGAI negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kawasan pantai yang cukup banyak. Sebanyak 17,508 pulau yang dimiliki Indonesia, menyimpan banyak potensi yang berkelas dunia. Pulau-pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke memiliki bentangan jarak sekitar 5,120 km Dari Laut Andaman hingga Laut Arafura. Salah satu pulau yang menyimpan “surga” wisata adalah Pulau Banyak yang terletak di kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Pulau Banyak merupakan destinasi wisata yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi viral di media sosial. Betapa tidak, potensi wisata yang dimiliki kepulauan ini cukup menarik perhatian wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, tetapi wisatawan mancanegara pun menaruh perhatian terhadap objek  wisata yang satu ini.

Pulau Banyak terdiri atas gugusan pulau kecil dan besar yang berjumlah sekitar 99 pulau. Keindahan alam nan mempesona yang dimiliki daerah ini, menjadikan daya tarik tersendiri wisatawan pantai dan alam. Selain keindahan alamnya, di Kawasan ini juga bisa menikmati wisata pantai yang berpasir putih.

Apalagi, selain dapat menikmati panorama pantai, para pengunjung juga dapat menyaksikan gerombolan paus dan lumba-lumba yang kerap menghiasi laut di Kawasan pantai pulau banyak. Selain itu, di daerah ini juga sering muncul penyu hijau di Kawasan pantai.

Tidak hanya itu, salah satu event wisata yakni Festival Pulau Banyak (Aceh Singkil) menjadi salah satu dari Tujuh nominasi destinasi wisata di Aceh yang menyabet juara untuk kategori festival wisata popular. Sehingga tahun lalu, provinsi Aceh berhasil keluar sebagai juara umum dalam ajang penghargaan paling bergengsi yaitu Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

Pulau Banyak, Pesona di Ujung Barat Aceh
Jembatan di pulau Banyak. (Foto: dok Disbudpar)

“Potensinya (pulau banyak) sangat luar biasa di sini. Banyak potensi destinasi wisata yang masih alami, yang masih dapat lebih berkembang,” kata Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Teuku Hendra Faisal kepada wartawan saat kegiatan bertajuk ‘Milenial Sadar Wisata Pulau Banyak’ belum lama ini di Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Teuku Hendra Faisal yang saat itu mewakili Kepala Disbudpar Aceh, Jamaludin, mengatakan kaum milenial, komunitas, dapat mengambil peran meningkatkan potensi wisata di Pulau Banyak. “Peran serta masyarakat sangat penting terhadap kemajuan pariwisata di Pulau Banyak,” ujarnya.

Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di Pulau Banyak mulai dari Hopping island, Snorkeling , diving, Surfing, Selfi di jematan Balaibung, Kayaking, Menikmati Sunset dan Surase. Berikut sejumlah Destinasi Pulau di Pulau Banyak yang dapat dikunjungi:

Pulau Tailana

Pulau Tailana di kenal dikenal dengan kawasan snorkeling nya yang mempesona. Hamparan pasir putih di Pulau Tailana juga cukup menakjubkan. Bahkan para wisatawan mancanegara cukup terpukau dan membuat ketagihan bagi siapa saja menunjungi pantai pulau Tailana. Pepohonan kelapa yang berjejer di pantai ini, ditambah hembusan angin nan sejuk, menambah kesempurnaan relaksasi alam bagi pengunjung yang hendak memanjakan raga. Tidak hanya pasir putih yang menghiasi pantai, tetapi ada juga pasir kasar yang datang dari pecahan batu karang lalu menghasil kilatan saat terpantul sinar matahari, hingga menghasilkan kilauan bak kilauan berlian.

Untuk menuju lokasi snorkeling pengunjung berenang sekitar 100 meter ke arah Utara yang menyuguhkan panorama bawah lautnya seperti akuarium raksasa. Bila dilihat sekilas, laut di seputaran pantai pulau Tailana terlihat dangkal dan jernih dan membuat wisatawan betah berlama-lama di Kawasan ini.

Pulau Sikandang

Pulau Banyak, Pesona di Ujung Barat Aceh
Pantai di Pulau Sikandang. (sumber foto: kepulauanbanyak.com)

Pulau Sikandang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Banyak yang menjadi destinasi wisata di Pulau Banyak. Sama seperti pulau Taillana, Pulau Sikandag juga menyuguhkan pasir putih dan  laut yang tenang, dangkal, dan landai dan sangat aman untuk aktivitas berenang. Pulau Sikandang menjadi tempat yang tepat untuk memanjakan diri menikmawi panorama alam yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota.

Pasir yang lembut mengelilingi pulau ini dan pohon kelapa yang juga berderet di pantai pulau Sikandang cukup memikat mata. Apalagi, Pulau Sikandang terkenal dengan sunset nya yang terlihat jelas dan menakjubkan bagi siapapun yang menyaksikan.

Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah salah satu pulau yang secara geografis tergolong Panjang. Sehingga sangat tepat dinamakan dengan Pulau Panjang. Tidak kalah dengan pulau-pulau laindi Kepulauan Banyak, di pulau ini juga banyak aktifitas yang bisa kita lakukan seperti Snorkeling, Camping, menikmati keindahan pantai ditemani lambaian daun daun kelapa yang rindang dan pasir pantai yang putih dan lembut.

Destinasi Pantai Pulau Panjang anda dapat menikmati keindahan alam yang teduh dan nyaman dipaduh dengan Pasir putih yang lembut dan air laut yang jerni berwarna biru Toska sehingga memanjakan mata setiap wisata yang berkunjung. Pantai Pulau Panjang juga sudah tersedia fasilitas Cottage/ Bungalow, Warung Kopi Tepi Pantai, Restoran seafood dan antraksi yang bisa anda jajal.

Pulau Rangit

Pulau Rangit adalah salah satu pulau di gugus Kepulauan Banyak, Aceh Singkil. Pulau ini terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Rangit Besar dan Pulau Rangit Kecil. Letak kedua pulau ini bersandingan satu sama lain.

Dari Pulau Panjang, hanya membutuhkan waktu sekitar 12 menit untuk sampai ke Pulau Rangit dengan menggunakan speedboat. Dalam perjalanan ke Pulau Rangit, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan antraktif dari ragam biota laut, seperti lumba-lumb dan ikan-ikan yang dapat disaksikan langsung dengan mata telanjang.

Di Pulau Rangit, tidak hanya menawarkan pemandangan baharinya yang menawan, tapi juga ketika dilihat melalui Mercusuar Rangit terlihat pemandangan lautan yang indah. Dari puncak mercusuar dapat melihat dengan jelas keberadaan Pulau Rangit Besar, Pulau Panjang, Pulau Malelo, Pulau Balai, Pulau Palambak, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Pesona wisata Pulau Rangit telah diakui wisatawan lokal maupun mancanegara. Buktinya, banyak wisatawan mancanegara yang kerap mengunjungi Kawasan wisata Pulau Rangit, bahkan antre untuk menunggu giliran naik ke puncak Mercusuar Rangit, demi menyaksikan hamparan samudera di sekitar pulau Banyak yang menakjubkan.

Pulau Balai

Pulau Balai menjadi Desa Wisata di Aceh Singkil. Desa ini sebagai pintu gerbang pertama untuk masuk ke Pulau Banyak dan Pusat pemerintahan. Fasilitas umum dan fasilitas pariwisata di Kawasan ini tergolong lengkap. Di Pulau Balai terdapat Resort/Penginapan/Home Stay, Rumah Makan, Transportasi, Penyewaan Alat Snorkelig dan lainnya.

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Banyak akan melewati Desa Pulau Balai. Warga pulau Balai yang ramah dan suasana alam yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Sama seperti di pulau lain, Pulau Balai juga menawarkan spot wisata pantai. Selain itu, di tempat ini terdapat Jembatan Balaibung yang merupakan jembatan penghubung Pulau Balai dengan Teluk Nibung. Selanjutnya di Pantai Barat Pulau Balai, pengunjung bisa menikmati Sunset, Mengayu perahu Kayak dan juga bisa menikmati pemandangan Keramba Budidaya Ikan laut. Di tempat ini juga terdapat aneka Kulinerb seperti Mie Aceh, Kopi Aceh Khas Aceh dan lainnya.

Lestarikan

Pulau banyak yang terletak diantara kepulauan Simeulue dan Daratan Sumatera itu menyimpan banyak potensi wisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang gencar mempromosikan destinasi wisata Pulau Banyak dan destinasi wisata di Aceh pada umumnya, menjadi salah satu bukti bahwa perhatian terhadap sektor wisata itu termasuk perioritas.

Banyak destinasi wisata yang menarik dan mempesona di pulau Banyak. Sejumlah Kawasan pulau yang disebutkan diatas, menjadi sampel dari semua pulau di kepulauan Banyak yang sebenarnya semua menyimpan “surga” wisata.

Pelestarian destinasi wisata adalah hal mutlak. Apalagi, tidak hanya memanjakan mata dan raga bagi para pengunjung, tetapi destinasi wisata juga dapat bernilai ekonomi dan mengangkat aspek kekayaan alam Indonesia di sektor wisata. Sehingga, Indonesia dan khususnya Aceh menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang bebasis wisata alam dan pantai. Semoga upaya yang digencarkan pemerintah mempromosikan Kawasan wisata dapat disambut baik masyarakat untuk bersama-sama melestarikan destinasi wisata di Kepualauan Banyak. (*)

Kategori: Feature

Pos terkait