Afdhal Jihad Pimpin STKIP Muhammadiyah Abdya

  • Whatsapp
Afdhal Jihad Pimpin STKIP Muhammadiyah Abdya
Foto: analisisnews.com/agus s PELANTIKAN: Prosesi penandatangan berita acara pelantikan Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya dan Ketua STIT Muhammadiyah Abdya, Rabu (16/3/2022)

BLANGPIDIE-Afdhal Jihad MPd secara resmi dilantik sebagai Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) periode 2022-2026.  Afdhal dilantik langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, Dr Muhrarir Asyari di Aula STKIP Muhammadiyah Abdya, Rabu (16/3/2022).

Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdhal Jihad MPd usai proses pelantikan dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua STKIP Muhammadiyah sebelumnya yang telah memberikan beragam perubahan dan kemajuan yang terbaik untuk sekolah tinggi tersebut.

Dikatakan, dalam Peraturan Pemerintah nomor 4 tahun 2014 perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. Otonomi yang dimaksud, terdiri atas otonomi di bidang akademik yang meliputi penetapan norma dan kebijakan operasional serta pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sementara otonomi dibidang non akademik meliputi penetapan norma dan kebijakan operasional serta pelaksanaan organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagakerjaan, dan sarana prasarana.

Untuk menjadikan STKIP Muhammadiyah Abdya berbudaya mutu, tentu harus melalui proses dan waktu serta komitmen para pihak. Pencapaian perbaikan mutu membutuhkan sikap mental yang baik dari penyelenggara Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“Syukur Alhamdulillah, SDM dosen STKIP Muhammadiyah telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Ditambahkan, mutu pendidikan yang otentik pada akhirnya lahir dalam keseharian sekolah tinggi, baik lewat kedisiplinan mahasiswa dan dosen, ketekunan dalam mengerjakan persoalan administrasi, hingga manajemen institusi yang terus disempurnakan.  Mutu pendidikan yang otentik juga dibangun lewat usaha pimpinan, dosen dan tendik sekolah tinggi dalam menempatkan mahasiswa sebagai ‘tuan’ dari seluruh pelayanan institusi. Seluruh fasilitas dan sistem di sekolah tinggi dibangun agar mahasiswa terlayani dengan baik dan menjadi manusia unggul.

“Kampus adalah penggerak peradaban dan tajdid. Tidak boleh ada kampus yang tidak peduli dengan lingkungan dan masyarakat di kanan dan kirinya. Dari kampus juga harus lahir sosok yang cerdas mencerahkan. Terakhir kami mohon maaf dan terima kasih atas terlaksanakan kegiatan pelantikan hari ini, dengan harapan semoga kita semua berada dalam semangat yang sama untuk membumikan Islam berkemajuan di Abdya ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, selain pelantikan Afdhal Jihad sebagai Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Ketua PWM Aceh, Muharir Asyari juga melantik Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Abdya, Abdul Kahar. Turut hadir di kegiatan tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah  Abdya, Mismaruddin Mahdi, mantan Ketua STKIP Ridwan Adami MM, mantan Ketua STIT Muchlis Muhdi, para dosen serta tamu undangan lainnya.(ag)

 

Pos terkait