Pemerintah Aceh Beri Perhatian Khusus Untuk Pelestarian Adat

  • Whatsapp
Adat Aceh Penting Untuk Dikenal
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah

BANDA ACEH-Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Senin (28/3/2022) menyebutkan jika selama ini Pemerintah Provinsi Aceh memberi perhatian khusus untuk perkembangan dan pelestarian adat Aceh.

“Pemerintah Aceh memberi perhatian khusus terhadap perkembangan dan pelestarian adat Aceh. Apalagi ajaran Islam menjiwai dan memberikan spirit yang tinggi bagi pelaksanaan adat Aceh dan tidak ada benturan antara adat Aceh dengan syariat Islam,” ujarnya.

Di era teknologi informasi saat ini,  adat Aceh perlu disebarkan melalui penulisan atau naskah tertulis yang dapat dibaca oleh generasi sekarang. Karena tidak efektif lagi diturunkan melalui pesan verbal. Dia juga mengharapkan sumbangsih pemikiran pengurus MAA agar mampu membangun gairah orang Aceh untuk terus bekerja keras, membantu memajukan gampong dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan dan seni budaya Aceh.

“Memajukan gampong salah satunya dengan upaya membangun semangat lembaga-lembaga adat yang telah tertuang dalam Qanun Aceh, seperti pawang glee, hari peukan, peutua seuneubok, dan keujruen blang supaya berfungsi kembali. Banyak hal lain yang harus dijawab melalui pendekatan adat,” katanya.

Lebih lanjut dia engharapkan agar MAA aktif membangun jaringan komunikasi yang sinergis dengan segenap unsur pemerintahan, DPRA, LSM dan kelompok masyarakat Aceh dimanapun mereka berada. Dengan demikian, MAA akan lebih eksis dan dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini tentu akan lebih memudahkan penyebaran informasi nilai-nilai adat Aceh yang multi kultural serta mampu membangun semangat rakyat Aceh untuk menyongsong masa depan yang lebih indah.(adv)

Pos terkait