71 Peserta Ikuti PTQ RRI Takengon ke-52

  • Whatsapp
Analisisnews.com/ Pembukaan PTQ RRI Takengon ke-52 di Masjid Babussalam Simpang Tiga Redelong, Kabupaten Bener Meriah. MInggu (3/4/2022).

REDELONG: Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) tingkat RRI Takengon ke-52 resmi berlangsung di Masjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong pada 1 sampai 4 ramadhan 1443 hijriah atau 3-6 April 2022.

Kepala RRI Takengon Muhsin Zein dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta PTQ tahun ini meningkat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Pada tahun ini, sebutnya, terdapat 71 peserta yang berasal dari tiga kabupaten di dataran tinggi Gayo yang menjadi wilayah kerja RRI Takengon yakni Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tengah.

“Adapun dari total 71 peserta terbagi atas empat cabang lomba yang diperlombakan tahun ini dengan rincian, tilawah 21 peserta, tausyiah 29 peserta, tahfidz 20 peserta, dan Tartil tunanetra sensorik putra 1 orang,” sebutnya.

Muhsin melanjutkan, untuk pemenang tilawah PTQ RRI kali ini akan langsung mewakili RRI Takengon di tingkat nasional yang akan berlangsung di Takengon pada 13-17 April 2022 mendatang.

“Sedangkan untuk pemenang pada tiga cabang lomba lainnya kan diseleksi oleh dewan hakim untuk me Akiko korwil XVII Aceh, mudah – mudahan perwakilan RRI Takengon meraih juara ditingkat nasional,” jelasnya.

Muhsin juga menyebut PTQ tingkat nasional di Takengon rencananya akan dibuka langsung oleh wakil presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin.

Sementara itu bupati Bener Meriah Sarkawi saat membuka acara tersebut mengatakan acara tersebut sangat istimewa karena selama ini diselenggarakan di Takengon.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri ialah untuk memberikan semangat keagamaan bagi masyarakat dataran tinggi gayo, terlebih dilaksanakan pada bulan suci ramadhan.

Selain itu PTQ RRI Takengon ini juga dapat menjadi persiapan bagi kafilah kabupaten Bener Meriah untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat propinsi Aceh akan berlangsung di kabupaten tersebut pada Juni 2022 mendatang.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menyampaikan terima kasih kepada teman-teman RRI yang telah melaksanakan acara ini,” ujar Sarkawi.

Pos terkait