Forum Anak Sigupai Dukung Program Pemenuhan Adminduk

  • Whatsapp
Forum Anak Sigupai Dukung Program Pemenuhan Adminduk
ADMINDUK: Disdukcapil Abdya bersama Forum Anak Sigupai binaan DPMP4 dalam program jemput bola pemenuhan Adminduk bagi siswa di SD Luar Biasa Abdya, Rabu (13/4/2022).

BLANGPIDIE-Forum Anak Sigupai Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendukung sepenuhnya program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat dalam upaya pemenuhan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi siswa luar biasa yakni anak yang menyimpang dari rata-rata anak normal dalam hal kemampuan sensorik, fisik dan neuromuskular, perilaku sosial dan emosional serta kemampuan berkomunikasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Nur Afni Muliana didampingi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lia Amelia, SE Rabu (13/4/2022) mengatakan, Forum Anak Sigupai dibawah binaan DPMP4 dalam program pemenuhan Adminduk itu turut berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya upaya Disdukcapil Abdya, dengan harapan para siswa yang menyandang cacat fisik dan mental tetap mendapatkan layanan perekaman data kependudukan secara optimal.

Hadirnya forum anak dalam kegiatan itu juga bertujuan untuk menyuarakan proses pembangunan daerah melalui porsi dan kreativitas anak serta anak-anak bisa mengembangkan kreatifitas positif dalam rangka berpartisipasi demi mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik dimasa akan datang

“Kami mengapresiasi program Disdukcapil Abdya, sebab sangat membantu para siswa yang sekolah di sekolah luar biasa ini. Mereka bisa langsung mendapatkan kartu indentitas anak (KIA), akta kelahiran, bahkan kartu tanda penduduk (KTP),” ujarnya disela-sela kegiatan perekaman KIA di SD Luar Biasa Abdya.

Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin mengatakan, program jemput bola yang dilakukan pihaknya itu memang telah berjalan sejak lama dan mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak salah satunya Forum Anak Sigupai dibawah binaan DPMP4.

Tujuannya untuk memudahkan siswa dengan keterbelakangan mental dalam mendapatkan layanan Adminduk secara lengkap. Sebab, Adminduk ini penting bagi siapa saja karena akan berhubungan langsung dengan dokumen lainnya seperti bantuan sosial, beasiswa, jaminan kesehatan dan keperluan lainnya. Jika seorang warga tidak memiliki Adminduk, katakanlah seperti e-KTP dan  kartu keluarga tentu mereka akan susah untuk mendapatkan layanan kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah sakit umum daerah.

Melalui program ini, pihaknya menerapkan sistim jemput bola dengan turun langsung ke lapangan seperti ke sekolah. Sebab sangat tidak mungkin, bagi siswa yang memiliki banyak keterbatasan fisik atau cacat mental harus datang ke Disdukcapil guna merekam, KIA, e-KTP maupun dokumen Adminduk lainnya. Sementara di lain sisi, mereka sangat membutuhkan dokumen Adminduk secara lengkap.

“Kemudahan ini terus kami pertahankan dan kedepan untuk lebih ditingkatkan, sehingga layanan pemenuhan Adminduk ini semakin optimal,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait