Jelang Lebaran, 70 KK di Desa Masjid Terima BLT

Jelang Lebaran, 70 KK di Desa Masjid Terima BLT
Foto: analisisnews.com/agus s BLT: Camat Tangan-Tangan Jasmadi (tengah) didampingi Pj. Keuchik Masjid, Kasman (kiri) dan Pendamping Desa saat penyaluran BLT kepada warga penerima manfaat di kantor BUMG Desa setempat, Jumat (29/4/2022).

BLANGPIDIE-Sebanyak 70 kepala keluarga (KK) di Desa Masjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (29/4/2022) pagi menerima bantuan langsung tunai  (BLT) yang bersumber dari dana desa tahun 2022 untuk tiga bulan yakni Januari, Februari dan Maret.

Pj Keuchik Masjid, Kasman mengatakan, penyaluran BLT tahap awal di tahun 2022 tersebut berlangsung lancar dan membangkitkan geliat ekonomi masyarakat yang menerima manfaat apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Dipastikan lagi bahwa penerima BLT dimaksud telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua.

Proses penyaluran BLT dalam pandemi Corona Virus (Covid-19) itu, berlangsung di aula gedung BUMG desa setempat  yang turut disaksikan Camat Tangan-Tangan Jasmadi SPd, Pendamping Desa Mudadin dan Muhajir, perangkat desa, termasuk tuha peut (LKMD).

“Setiap kepala keluarga menerima manfaat bantuan uang tunai itu senilai Rp.300.000 perbulan. Kali ini kami menyalurkan untuk tiga bulan dengan total Rp. 900.000,” sebutnya.

Penyaluran BLT hingga saat ini berjalan tanpa kendala, bahkan dia mengaku senang karena bantuan tersebut dapat diterima langsung oleh warganya guna membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi momentum ini juga bertepatan dalam bulan Ramadan, tentu banyak yang harus dipersiapkan oleh warga jelah hari raya kali ini.

“Bagi warga kami, bantuan uang tunai sebesar itu sangat berharga, terlebih dalam masa pandemi yang semuanya serba susah,” ujarnya.

Warga yang menerima BLT tersebut lanjutnya telah memenuhi kriteria. Sebab telah melalui proses pendataan secara selektif bahwa mereka bukan PNS, bukan penerima bantuan PKH, bukan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT), bukan pegawai BUMN dan juga bukan penerima bantuan sosial tunai (BST) serta telah divaksin. Dia juga mengapresiasi kemauan dan tingkat kesadaran warganya yang telah mengikuti program vaksinasi mencapai 100 persen.

Terakhir dia mengajak warga setempat untuk tetap menerapkan aturan protokol kesehatan sekaligus mengajak mereka untuk terus membudayakan hidup bersih dan sehat sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona. Akan hal itu, dia sangat mengharapkan peran serta dan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran untuk sama-sama mematuhi instruksi dari pemerintah  terkait penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

“Kepada semua warga kami harap untuk memanfaatkan BLT tersebut dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya. (ag)