Adat Istiadat Merupakan Seperangkat Norma

  • Whatsapp
Adat Istiadat Merupakan Seperangkat Norma
Majelis Adat Aceh (MAA)

BANDA ACEH- Anggota Majelis Adat Aceh (MAA) Bidang Hukum Adat, Drs Jamhuri MA Minggu (8/5/2022) menyebutkan, adat istiadat Aceh merupakan seperangkat nilai atau norma, kaedah dan kekayaan sosial yang tumbuh serta berkembang bersamaan dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat desa atau masyarakat lainnya.

Selama ini masyarakat Aceh telah menyesuaikan praktik agama dengan tradisi atau adat istiadat yang berlaku. Hal ini terlihat dalam kehidupan sosial budaya Aceh. Sebagai hasilnya Islam dan budaya Aceh menyatu, sehingga sukar dipisahkan. Disini kaidah syariat Islam sudah merupakan bagian dari adat atau telah diadatkan. Sebaliknya, adat merupakan bagian dari Islam atau yang telah diislamkan.

Dalam kaitan dengan hal tersebut, dalam masyarakat Aceh juga berlaku ketentuan bahwa adat itu ada dua. Pertama, ketentuan Allah SWT yang tidak berubah sepanjang masa dan kedua adat kebiasaan masyarakat berdasarkan syariat Islam.

“Sedangkan budaya atau kebudayaan yang banyak didefinisikan oleh para ilmuan, diantaranya, menurut Selo Soemarjan dan Soelaeman Somardi. Menurutnya kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Sedangkan menurut Koentjaraningrat, budaya adalah segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam,” terangnya.(adv)

Pos terkait