Syariat dan Adat Dibedakan Dari Sumbernya

  • Whatsapp
Syariat dan Adat Dibedakan Dari Sumbernya
Anggota Majelis Adat Aceh (MAA), Drs Jamhuri MA

BANDA ACEH-Anggota Majelis Adat Aceh (MAA) Bidang Hukum Adat, Drs Jamhuri MA Senin (9/5/2022) menjelaskan, perbedaan antara syariat Islam dan adat ini dibedakan dari segi sumber. Kalau syariat Islam bersumber dari Allah SWT yang termuat dalam firman-Nya dan ungkapan Rasul-Nya untuk selanjutnya dilakukan oleh manusia, sedangkan adat berasal dari manusia dan dilaksanakan oleh manusia itu sendiri.

Kemudian, untuk kedua istilah adat dan kebudayaan, keduanya bersumber dari manusia dan dikerjakan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

“Di Aceh, kedua hal tersebut telah menjadi kolaborasi dalam kehidupan masyarakat. Sehingga dalam pelaksanaannya tetap berlandaskan syariat Islam,” ujarnya.

Ditambahkan, bila dibaca dan pelajari sejarah kehidupan manusia dalam rentang waktu yang panjang, kehidupan yang dimulai dengan masa pengumpul, peramu dan pemburu, dimana pada masa ini kehidupan mereka masih bersifat nomaden tidak menetap pada wilayah tertentu sehingga menyebarkan penduduk ke seluruh dunia, kemudian dilanjutkan dengan masa pertanian atau masa agraris.

“Pada masa ini manusia sudah mulai menetap disuatu daerah dengan menanam tanaman yang cocok dengan daerah mereka tinggal dan menetap di daerah tersebut dan kehidupan mereka menyesuaikan dengan alam dan memakan tanaman yang ada,” pungkasnya. (adv)

Pos terkait