Peresmian BUMG Jamboe Seumike Durian Rampak Diapresiasi

  • Whatsapp
Peresmian BUMG Durian Rampak Diapresiasi
Foto: analisisnews.com/ist PERESMIAN: Prosesi peresmian BUMG Jamboe Seumike Desa Durian Rampak Kecamatan Susoh, Abdya, Minggu (5/6/2022).

BLANGPIDIE-Peresmian Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Durian Rampak Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diapresiasi. Keuchik Durian Rampak, Suhaimi usai prosesi peresmian BUMG Jamboe Seumike, Minggu (5/6/2022) mengatakan, hadirnya BUMG di tengah-tengah masyarakat  dinilai sangat membantu dari sisi peningkatan perekonomian dan kemandirian desa.

“Upaya dan langkah yang dilahirkan oleh BUMG ini patut diapresiasi dan didungkung oleh seluruh kalangan masyarakat Durian Rampak,” ujarnya.

Menurutnya, jika BUMG Jamboe Seumike tersebut dikelola dengan benar, akan sangat besar manfaatnya untuk masyarakat Durian Rampak, salah satunya dapat mensejahterakan masyarakat, bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengandalkan sumber daya manusia (SDM) yang ada sesuai dengan kearifan lokal.

Membangun Indonesia dari desa, adalah salah satu fokus pemerintah saat ini. Dengan adanya Undang-Undang desa, dapat memberikan keleluasan bagi pemerintah desa untuk mengelola pemerintahannya sendiri. Salah satunya dengan hadirnya BUMG Jamboe Seumike yang dinilai dapat mengetaskan kemiskinan dan pemberdayaan potensi desa. Dalam BUMG itu sendiri memiliki modal atau aset yang sebagian atau seluruhnya berasal dari desa.

“Semoga hadirya BUMG Jamboe Seumike ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Karena itu dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan, agar BUMG ini bisa lebih maju dan berkembang,” paparnya.

Apresiasi serupa juga disampaikan salah satu tokoh masyarakat setempat, Eriswan HM. Hadirnya BUMG Jamboe Seumike ini tentu memiliki tujuan khusus yakni untuk meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan usaha masyarakat dalam mengelola potensi ekonomi desa. Selain itu juga untuk mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka lapangan kerja dan lainnya.

Dalam BUMG itu sendiri memiliki modal atau aset yang sebagian atau seluruhnya berasal dari desa.  Modal tersebut akan digunakan untuk menciptakan usaha-usaha dari potensi desa yang pada akhirnya akan menciptakan lapangan pekerjaan dan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan BUMG yang baik, modal atau aset harus bisa dijadikan acuan guna mendapatkan keuntungan atau benefit. Dari keuntungan tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat desa secara umum.

“Selamat atas peresmian BUMG Jamboe Seumike, semoga hadirnya BUMG ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Durian Rampak serta bisa menjadi acuan bagi BUMG lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur BUMG Jamboe Seumike, Suryandra Jalil SE menyebutkan, hadirnya BUMG Jamboe Seumike tersebut telah melalui proses yang panjang hingga mampu mendapatkan sertifikat badan hukum dari Kementerian Hukam dan HAM dengan Nomor: AHU-02460.AH.01.33.Tahun 2022 itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan memberdayakan SDM yang disesuaikan dengan kearifan lokal.

“Semua ini dicapai melalui kerja keras tim serta dukungan dari masyarakat Durian Rampak. Semoga langkah awal ini membuahkan hasil sesuai dengan harapan bersama yakni memakmurkan desa,” tuturnya.

Dalam kegiatannya, BUMG Jamboe Seumike memasarkan produk-produk kearifan lokal, baik itu yang dihasilkan oleh masyarakat Durian Rampak maupun produk dari desa lain. Dari pemasaran itu, nantinya masyarakat pemilik produk tentu akan sangat terbantu dalam proses pemasaran dan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan. Hadirnya BUMG ini juga sebagai penyemangat bagi pelaku UMKM, agar lebih giat dalam meningkatkan produksinya dan nantinya bisa dipasarkan melalui Jamboe Seumike.(ag)

Pos terkait