Keluarga Berperan Sukseskan Posyandu Remaja

  • Whatsapp
Puluhan remaja Gampong Alue Mee, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya (Pijay) belum lama ini, mengikuti Posyandu remaja (Posrem) yang dilangsungkan petugas kesehatan Puskesmas Blang Kuta di Meunasah (surau) desa setempat.
Puluhan remaja Gampong Alue Mee, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya (Pijay) belum lama ini, mengikuti Posyandu remaja (Posrem) yang dilangsungkan petugas kesehatan Puskesmas Blang Kuta di Meunasah (surau) desa setempat.

Meureudu -Untuk mensukseskan Posyandu remaja (Posrem) yang dilaksanakan di sejumlah Gampong (desa) khususnya dalam Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya (Pijay) dibutuhkan dukungan semua pihak, baik aparatur desa maupun keluarga untuk memotivasi serta mendorong anak-anak untuk dapat berpartisipasi aktif dalam program ini.

Posyandu remaja khususnya di Kecamatan Bandar Dua merupakan kegiatan baru yang diluncurkan pada Januari 2022, sehingga program ini masih asing terutama bagi sebagian para remaja, karena selama ini, di desa mereka hanya ada Posyandu balita maupun lansia yang dilangsungkan setiap sebulan sekali.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada remaja agar memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin untuk memeriksa pertumbuhan diri secara rutin, karena pada Posyandu, petugas kesehatan aktif melakukan pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan serta penyuluhan kesehatan bagi remaja.

“Posyandu ini tetap kami laksanakan secara rutin di desa, kendati hanya beberapa remaja yang hadir, kami tetap turun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Mulyawati, AMK, Penanggungjawab Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Puskesmas Blang Kuta, Minggu (12/6).

Sejak diluncurkan, lanjutnya, Posyandu ini diterima dengan antusias oleh masyarakat khususnya remaja desa, di mana tidak sedikit remaja ikut berpartisipasi setiap Posyandu di gelar. Kendati demikian, masih ada tempat, dimana remaja enggan ke Posyandu.

“Disinilah perlu peran aktif aparatur desa maupun orang tua masing- masing remaja untuk mendorong dan membangkitkan kesadaran anak-anak supaya tidak melewatkan kegiatan Posyandu, karena ini sangat bermanfaat bagi kesehataan mereka,”ujarnya.

Menghadiri Posyandu sangat penting, karena dengan ikut serta dalam berarti mereka peduli terhadap kesehatannya. Begitu juga sebaliknya. “Kesehatan itu harus jaga sejak dini, apalagi bagi remaja, sangat penting mengetahui pertumbuhan dirinya sehingga senantiasa hidup sehat. Mari ke Posyandu,”pungkas alumni STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe itu. (AD)

Pos terkait