Bupati Abdya Resmikan Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah

  • Whatsapp
Bupati Abdya Resmikan Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah
Foto: analisisnews.com/agus s BATU PERTAMA: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim didampingi Kapolres AKBP Muhammad Nasution SIK, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Abdya, Hj Nurhadisah SPd serta rekanan saat prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Perpustakaan Daerah yang berlokasi di kompleks pendidikan Padang Meurante Kecamatan Susoh, Kamis (16/6/2022).

BLANGPIDIE-Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, Kamis (16/6/2022) meresmikan pembangunan gedung baru Perpustakaan Daerah kabupaten setempat yang berlokasi di kompleks pendidikan Padang Meurante Kecamatan Susoh. Prosesi persemian yang dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompimkab), sejumlah kepala satuan kerja perangkat kebupaten (SKPK), Camat dan unsur terkait lainnya itu ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan gedung.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam kesempatan itu mengapresiasi kegigihan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip  yang telah berupaya optimal untuk mewujudkan pembangunan gedung baru dimaksud. Meski dengan usia jelang masa pensiuan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip  Abdya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan gedung baru yang representatif dan nantinya membuat para pembaca lebih nyaman saat menikmati bacaan.

“Patut diapresiasi kegigihan Hj Nurhadisah SPd selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip  Abdya. Saya memanggil beliau Nek Buk, kerja keras beliau sangat luar biasa. Meski jelang masa pensiun sekitar 44 hari lagi, upaya pembangunan gedung baru tetap diusakan. Ketika pensiun, beliau meninggalkan kenang-kenangan yang luar biasa,” ujarnya.

Dikatakan, membaca merupakan hal yang penting, bahkan dalam agam Islam juga telah diajurkan untuk selalu membaca dan menggali ilmu yang bermanfaat. Dengan membaca, banyak hal bisa diwujudkan terlebih saat ini telah hadir perpustakaan yang banyak menyediakan ragam bacaan.

Membaca itu merupakan jendela dunia dan sangat banyak manfaat membaca yang perlu diketahui seperti, dapat menstimulasi mental, dapat mengurangi stress, menambah wawasan dan pengetahuan, dapat menambah kosakata, dapat meningkatkan kualitas memori, melatih keterampilan untuk berfikir dan menganalisa, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, melatih untuk dapat menulis dengan baik, dapat memperluas pemikiran seseorang, dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif, dapat meningkatkan empati seseorang, dapat mendorong tujuan hidup seseorang, dapat membantu kita untuk terhubung dengan dunia luar dan dapat lebih berhemat.

“Banyak hal yang saya peroleh dengan mambaca seperti mengenai budidaya udang dan beragam persoalannya, bertani, beternak hingga pembuatan pakannya serta banyak hal lainnya. Harus selalu bersemangat untuk membaca dan menggali ilmu pengetahuan,” paparnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Hj Nurhadisah SPd menyebutkan, gedung baru perpustakaan daerah ini akan dibangun seluas 38×22 meter di atas lahan sekitar 2 hektare. Gedung dimaksud terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan basement yang nantinya akan digunakan untuk lokasi parkir kendaraan dan ruang operasional. Lantai dua dikhususkan untuk ruang baca umum dan pelajar serta mahasiswa. Lantai tiga digunakan untuk kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip  serta ruang audio untuk pembelajaran multimedia.

“Gedung ini nantinya juga akan dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya, sehingga bisa mendukung program pemerintah Go Green. Tidak hanya itu, kami juga menyiapkan pojok baca dan taman baca. Karenanya, kami sangat mengharapkan perhatian lebih dari Pemkab Abdya terhadap Dinas Perpustakaan dan Arsip  ini,” singkatnya. (ag)





Pos terkait