Murid TK Uteun Bayu Dilatih Gemar Menabung

  • Whatsapp
Kepala Tamanan Kanak Kanak (TK) Negeri Tgk Chik Di Uteun Bayu Haryati S.Pd.I, beserta guru foto bersama para peserta didik yang mendapatkan juara disela-sela acara pelepasan peserta didik, Kamis (16/6).
Kepala Tamanan Kanak Kanak (TK) Negeri Tgk Chik Di Uteun Bayu Haryati S.Pd.I, beserta guru foto bersama para peserta didik yang mendapatkan juara disela-sela acara pelepasan peserta didik, Kamis (16/6).

Meureudu-Peserta didik Tamanan Kanak Kanak (TK) Negeri Tgk Chik Di Uteun Bayu, Pidie Jaya (Pijay) dibiasakan rajin menabung untuk melatih anak-anak usia dini terbiasa mempraktikkan pola hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari sampai kelak mereka dewasa.

Program menabung tersebut dikelola langsung oleh pihak sekolah di mana setiap pagi, peserta didik menyisihkan uang jajan untuk ditabung. Uang tabungan ini dapat diambil kembali saat mereka sudah menyelesaikan pendidikan atau setiap memasuki ajaran baru.

Setiap murid minimal dapat menabungRp 3.000 setiap pagi. Tabungan tersebut mereka serahkan sebelum senam pagi dan proses belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak itu berlangsung.
“Program menabung ini dapat membantu dan meringan kami orang tua, karena saat anak tamat TK, kami tidak kewalahan melunasi biaya seperti bayar SPP, karena dapat dipotong dari tabungan,”ujar Nila, Wali murid TK tersebut, Kamis (16/6).

Berkat adanya tabungan tersebut, lanjutnya, sangat membantu para orang tua, karena saat anak-anak menyelesaikan pendidikan tentu perlu banyak biaya seperti melunasi SPP serta untuk acara wisuda dan perpisahan yang dilangsungkan di sekolah.

“Alhamdulillah semua biaya dapat dipototong langsung dari tabungan anak sedangkan sisanya dikembalikan kepada peserta didik masing-masing,”sebutnya tersenyum.
Menurut para wali murid, program menabung yang sudah berlangsung selama ini cukup bangus dan diharapkan dapat terus berlanjut. Tabungan anak-anak juga dapat dikelola secara tansparan dan profesional untuk mendapatkan kepercayaan dari para wali murid.

Dilepas
Sementara itu, sebanyak 30 peserta didik Tamanan Kanak Kanak (TK) Negeri Tgk Chik Di Uteun Bayu, Kamis (16/6) dilepas karena dinyatakan sudah menyelesaikan pendidikan usia dini di lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) itu.

“Dengan berat hari, kami harus melepaskan anak-anak untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, jangan lupakan ibuk-ibuk disini ya,”pesan Haryati S.Pd.I, Kepala Tamanan Kanak Kanak (TK) Negeri Tgk Chik Di Uteun Bayu,dalam sambutannya.

Perhatian

Pantauan Analisa gedung Tamanan Kanak Kanak (TK) Negeri Tgk Chik Di Uteun Bayu yang berada di jalan Kumba, Ulee Gle, Pidie Jaya tampak sederhana. Puluhan anak-anak usia dini setiap harinya menghabiskan waktu bermain sambil belajar di bangunan yang berada dalam satu komplek dengan sekolah dasar itu.

Selain itu, wahana permainan yang tersedia di halaman Taman Kanak-Kanak yang disebut-sebut baru dinegerikan itu juga sudah banyak rusak, sehingga mereka harus antrian saat sedang bermain, sehingga menurangi kebahagian anak-anak bermain.

Oleh sebab itu, masyarakat sangat mengharapkan kepada Dinas Pendidikan Pidie Jaya untuk lebih peduli serta memberikan perhatian serius terhapab TK ini. Sebab di TK ini juga menyiapkan anak usia dini menjadi penerus bangsa, sudah sepantasnya mereka belajar nyaman dengan mendapatkan dukungan, baik infrastrutur maupun SDM tenaga pendidik yang memadai. (Ad)

Pos terkait