Polairud Polres Abdya Tanam Puluhan Terumbu Karang

  • Whatsapp
Polairud Polres Abdya Tanam Puluhan Terumbu Karang
Foto: analisisnews.com/agus s TERUMBU KARANG: Satuan Polairud Polres Abdya menggandeng Komunitas Penyelam Pusong Diving Club kabupaten setempat, Kamis (23/6/2022) melakukan penanaman puluhan terumbu karang (coral reefs) di perairan kawasan Pulau Gosong Kecamatan Susoh.

BLANGPIDIE-Satuan Polairud Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggandeng Komunitas Penyelam Pusong Diving Club  kabupaten setempat, Kamis (23/6/2022) melakukan penanaman puluhan terumbu karang (coral reefs) di perairan kawasan Pulau Gosong Kecamatan Susoh. Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK melalui Kasat Polairud, Ipda Suarno SE, Jumat (24/6/2022) mengatakan, penanaman puluhan terumbu karang itu bertujuan untuk  menjaga dan melestarikan ekosistem bawah laut agar tetap terjaga dengan baik. Penanam terumbu karang bawah laut  itu dilakukan dengan kedalaman lebih kurang 15 meter dari permukaan air di kawasan Pulau Gosong.

“Tujuan penanaman terumbu karang ini, selain sebagai upaya melestarikan ekosistem bawah laut juga dalam rangka Hut Bhayangkara ke 76 tahun,” ujarnya.

Kegiatan penanaman terumbu karang sekaligus pembuatan apartemen ikan seperti sudah berlangsung sejak tahun 2020 lalu dan telah berhasil membuat sebanyak 9 unit dengan ukuran penanaman 90 meter persegi. Upaya menjaga dan melestarikan terumbu karang sangat penting nilainya serta memiliki banyak manfaat besar bagi masyarakat.

Disebutkan, terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi.  Manfaat terumbu karang secara langsung bagi manusia adalah sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia dalam bidang pangan, seperti ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning dan lainnya. Selain itu, manfaat terumbu karang juga sebagai potensi pariwisata. Apalagi saat ini, keindahan terumbu karang menjadi salah satu daya tarik wisata bahari khususnya di lokasi objek wisata Pulang Gosong. Sedangkan secara tidak langsung, terumbu karang bermanfaat sebagai penahan abrasi pantai yang disebabkan gelombang pasang dan ombak laut, serta sebagai sumber keanekaragaman hayati.

Akan hal itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk pemerintah setempat untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan tidak merusak terumbu karang agar tetap terjaga keindahannya.  Sudah waktunya seluruh elemen masyarakat untuk menyelamatkan terumbu karang, karena terumbu karang itu sumber ikan dan ikan itu menjadi sumber pendapatan masyarakat sekitar. Jadi dengan penanaman terumbu karang ini, diharapkan bisa membawa manfaat bagi masyarakat terutama para nelayan disekitar.

“Menjaga dan melestarikan ekosistem laut itu merupakan tugas bersama seluruh elemen masyarakat, agar ragam manfaatnya dapat dirasakan langsung bagi masyarakat itu sendiri. Tetap jaga kebersihan laut dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ke laut, apalagi sampah pelastik,” imbuhnya. (ag)





Pos terkait