IPPEMATA-Banda Aceh Sukses Gelar Gebyar Seni Gayo

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Aceh Tengah (IPPEMATA-Banda Aceh) sukses menyelengelar acara Gebyar Seni Gayo yang diadakan di Gedung AAC Dayan Dawood pada Minggu, 3 Juli 2022.

Acara yang mengusung tema, “Kuet Edet Muperala Agama, Rengang Edet Benasa Nahma” ini mendapat perhatian dari banyak kalangan. Terbukti dengan semaraknya acara tersebut yang dihadiri oleh ribuan penonton baik mahasiswa dan masyarakat Gayo dan masyarakat Aceh.

Bacaan Lainnya

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela abubakar yang merupakan pembina IPPEMATA Banda Aceh mengapresiasi pagelaran Gebyar Seni Gayo dalam rangka milad IPPEMATA ke-17 ini.

Shabela menyampaikan bahwa orang Gayo di manapun berada harus menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam adat Gayo, karena adat adalah pagarnya agama, ini sesuai dengan tema yang di usung dalam acara tersebut.

“Sesuai dengan tema acara kita ini, Kuet Edet Muperala Agama, Rengang Edet Benasa Nahma. Ini berkaitan dengan sopan santun kita dalam kehidupan sosial bermasyarakat atau dalam adat Gayo dikenal dengan istilah sumang, artinya keterjagaan seseorang disetiap langkahnya untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang. Inilah yang perlu di junjung oleh kalian pemuda dari Aceh Tengah, dimanapun kalian berada,” kata Shabela.

Jika kalian menjunjung adat, lanjutnya, maka akan terjaga ajaran agama, karena adat erat kaitannya dengan agama, adat lah yang menjadi pagar agama.

“Adat juga adalah harga diri kita sebagai orang Gayo, jika Adat yang kita junjung renggang, maka harga diri kita akan hilang, inilah makna dari Kuet Edet Muperala Agama, Rengang Edet Benasa Nahma,” ujarnya.

Sementara itu staff Ahli Gurbernur Aceh Bidang Keistimewaan, SDM dan Hubungan Kerja Sama Ir. Iskandar Syukri, MM, MT yang mewakili gubernur Aceh, menyampaikan sangat mengapresiasi diadakannya acara Gebyar Seni ini.

“Saya sangat senang berada dan menjadi bagian dalam acara ini, karena acara ini juga menjadi ajang silahturahmi antara pemuda-pemuda, pelajar dan mahasiswa baik dari Aceh Tengah dan juga dari daerah lain,” kata Syukri.

Sedangkan Ketua IPPEMATA, Sina Prayoga dalam kata sambutannya juga menuturkan harapannya untuk IPPEMATA ke depannya.

“Saya ketua IPPEMATA juga yang mewakili panitia sangat bangga atas suksesnya acara ini, ini tidak terlepas dari kerja sama pengurus dan anggota IPPEMATA yang telah meluangkan banyak waktu dan tenaga nya demi tercapainya acara ini dalam rangka milad IPPEMATA ke 17. Kami ingin merayakan milad IPPEMATA Banda Aceh ini dengan seluruh pemuda, mahasiswa dan masyarakat yang ada di Banda Aceh,” kata Sina.

Harapan saya, lanjut Mahasiswa UIN Ar-Raniry ini, semoga IPPEMATA semakin jaya, menjadi wadah bagi pemuda yang berasal dari Aceh Tengah untuk saling berkomunikasi dan terus menjaga silahturahmi.

Tidak hanya itu, namun juga untuk tempat bertukar pikiran dan menampung ide-ide kreatif pemuda, pelajar dan mahasiswa sehingga dapat menghasilkan pemuda Aceh Tengah yang aktif, kreatif dan inovatif dengan spirit mampu bersaing membangun Aceh Tengah bahkan Aceh ke depan.

Pantauan di lapangan, acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, Asisten Ekonomi dan Pembagunan Setdakab Aceh Tengah, Kepala Dinas Perdagangan Aceh Tengah, Direktur Bank Aceh, Direktur Bank Bukopin cabang Aceh, Alumni dan Senior IPPEMATA serta tamu undangan dari paguyuban dan organisasi kampus. (Khairani Gemasih|FA)

Pos terkait