Terkait Pj Bupati Abdya, DPRK Diminta Usulkan Putra Daerah

  • Whatsapp
Terkait Pj Bupati Abdya, DPRK Diminta Usulkan Putra Daerah
Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Perwakilan Abdya, Suhaimi N SH

BLANGPIDIE-Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) dalam proses pengusulan penjabat (Pj) Bupati kabupaten setempat diminta untuk memproitaskan putra asli daerah. Hal tersebut disampaikan Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Perwakilan Abdya, Suhaimi N SH kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

Menurutnya, sangat layak dan pantas jika dalam usulan Pj Bupati Abdya yang diusulkan oleh DPRK merupakan putra asli daerah untuk mengisi kekosongan posisi kepala daerah lantaran masa jabatan Bupati Akmal Ibrahim dan Wakilnya Muslizar MT akan segera berakhir pada 14 Agustus mendatang.

“Putra asli Abdya sangat pantas dan layak untuk masuk dalam bursa calon Pj bupati yang nantinya akan diusul ke Kemendagri oleh DPRK Abdya. Putra daerah juga tidak kalah dengan pejabat-pejabat luar yang punya jaringan hingga ke pusat. Jadi jangan semut yang jauh itu terlihat, sementara gajah didepan mata pura-pura tidak terlihat,” tuturnya.

Mengusul Pj bupati jangan coba-coba dengan harapan akan sesuai keinginan ketika nanti dipilih, sebab masyarakat bukan kelinci percobaan. Karena jika nanti tidak sesuai dengan harapan maka yang menderita juga masyarakat.

Dia menyarankan untuk memilih saja yang sudah terlihat, sebab sosok yang selama ini hangat dibicarakan telah dikenal dan sama-sama tidak punya rekam jejak yang mengecewakan. Bahkan mereka yang cukup bagus dan sudah sepatutunya diproitaskan untuk diusul.

Besar harapan agar dalam menetapkan nama yang diusul nantinya lembaga dewan terhormat tidak berdasarkan kepentingan baik pribadi maupun golongan. Tapi lebih kepada kualitas yang dimiliki dan memang calon Pj yang diusulkan itu berniat dengan tulus membangun Abdya bukan memanfaatkan kesempatan.

Seperti diketahui, isu Pj Bupati Abdya dalam beberapa hari terakhir mulai ramai dibicarakan oleh masyarakat kabupaten setempat. Hal itu dilatarbelakangi masa jabatan Bupati Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati Muslizar MT akan segera berakhir.Sosok pejabat yang ramai dibicarakan dan dinilai cocok sebagai Pj Bupati Abdya diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya, Salman Alfarisi ST. Pria asal Kecamatan Kuala ini menduduki jabatan struktural JPT Pratama esekon II/a dengan pangkat golongan IV/B. Salman Alfarisi, dilantik sebagai Sekda Abdya definitif pada 6 Januari 2022, menggantikan Drs Thamrin (alm), saat itu dalam persiapan menjelang pensiun. Dia sebelumnya, menjabat Kadis Pengelolaan Keuangan Kabupaten setempat.

Kemudian Dr EMK Alidar SAg MHum, saat ini menempati jabatan JPT Pratama, yaitu Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh. Putra kelahiran Desa Meurandeh, Kecamatan Lembah Sabil, ini sebelumnya tenaga Dosen pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Selanjutnya Zalsufran ST, MSi putra Abdya yang saat ini dipercaya menjabat Kadis Peternakan Aceh. Sebelum berkarier di tingkat Provinsi Aceh, yang bersangkutan juga pernah menduduki beberapa jabatan di Pemkab Abdya dan selanjutnya memutuskan untuk pindah ke ibu kota Provinsi Aceh.(ag)

Pos terkait