Ini Harapan Ketua Komisi A DPRK Bener Meriah untuk Pj Bupati

  • Whatsapp
Ketua Komisi A DPRK Bener Meriah, Abu Bakar. Foto. Ist

REDELONG – Ketua Komisi A DPRK Bener Meriah Abu Bakar menyampaikan harapan kepada Penjabat atau Pj. Bupati Bener Meriah di tengah transisi kepemimpinan baru di kabupaten itu.

“Jabatan, kedudukan yang dimiliki Pj bupati saat ini adalah sebuah fakta nyata dari hasil perjuangan keras saudara,” kata Abu Bakar dalam laporan rancangan Qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBK Tahun Anggaran 2021 di ruang sidang Dewan setempat pada Senin (25/7/2022) kemarin.

Bacaan Lainnya

Abu Bakar menyampaikan bahwa di masa kepemimpinan Haili Yoga, ia berharap Pj Bupati Bener Meriah dapat memprioritaskan rakyat dan tidak mengedepankan keinginan dan kepentingan pribadi.

“Saudara tidak harus mengedepankan keinginan tetapi Anda harus lebih memprioritaskan rakyat bukan mengedepankan keinginan dan kepentingan peribadi, keluarga dan kelompok golongan tertentu,” tegas putra Gunung Teritit tersebut.

Abu Bakar meminta Pj Bupati Bener Meriah harus bersinergi tidak boleh lekang dari wakil rakyat dalam menentukan kebijakan legislasi.

Lebih lanjut juga menyampaikan bahwa penganggaran dan pengawasan demi terselenggaranya good goverment and clean government atau pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih.

“Bener Meriah kecil dibanding dengan kabupaten lainnya, namun sekecil apapun BM ini tidak akan mungkin bisa dibangun oleh bupati sendiri melainkan harus dibangun bersama bahu membahu,” jelas Abu Bakar tegas.

Tak hanya kepada Pj, Abu Bakar juga tampak menyentuh kebijakan ketua DPRK setempat agar lebih cermat dalam menentukan kebijakan.

“Dalam hal ini mengingat sumpah jabatan dan amanat UU terhadap DPR, harapan kami kepada ketua DPR kedepannya agar lebih cermat, jangan semborono dalam menentukan kebijakan yang menjadi rumor negatif di mata rakyat, mari kita bangun hal-hal yang harmonis, normatif, kreatif, positif di mata rakyat,” katanya.

Sementara itu Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga pada kesempatan tersebut mengatakan seluruh unsur di Kabupaten tersebut untuk bersama-sama membangun dan memajukan Kabupaten Bener Meriah.

“Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBK Tahun Anggaran 2021, merupakan implementasi pelaksanaan Qanun Kabupaten Bener Meriah nomor 30 Tahun 2021 tentang, perubahan anggaran dan belanja daerah tangun anggaran 2021,” kata Haili Yoga.

Dasar pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah merupakan satu kesatuan yang terdiri atas pendapatan, belanja dan pembiayaan yang telah dilaksanakan secara sah menurut ketentuan pengelolaan keuangan daerah yang berlaku.

Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga saat menyampaikan laporan keuangan APBK Bener Meriah di gedung dewan setempat. Senin (25/7/2022).
Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga saat menyampaikan laporan keuangan APBK Bener Meriah di gedung dewan setempat. Senin (25/7/2022).

Laporan keuangan Pemkab Bener Meriah Tahun Anggaran 2021 ini telah melalui audit oleh BPK RI perwakilan Aceh sesuai pasal 320 ayat 1 undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang, pemerintahan daerah dengan Opini WTP pada Tanggal 18 April 2022.

“Prediksi WTP yang kedelapan ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemkab Bener Meriah yang didukung oleh para ketua, wakil ketu dan anggota legislatif dan seluruh komponen masyarakat Bener Meriah. Kita berkomitmen untuk tetap berusaha mempertahankan,” ujar Haili Yoga.

Diakhir sambutannya pada pembukaan sidang paripurna itu Haili Yoga meminta berbagai saran, tanggapan dan masukan serta harapan dalam pembahasan nota perhitungan APBK tersebut.

“Nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan kepada kami dalam penyelenggaraan pemerintahan demi penyempurnaan tugas di masa yang akan datang, sehingga peran dan fungsi pemerintah dalam berbagai penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” tutupnya. (RH/FA)

Pos terkait