Bupati Abdya Resmikan PKS PT Samira Makmur Sejahtera

  • Whatsapp
Bupati Abdya Resmikan PKS PT Samira Makmur Sejahtera
Foto: analisisnews.com/agus s PERESMIAN: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim didampingi Direktur Utama PT Samira Makmur Sejahtera, Syahrial serta unsur Forkompimkab dan pihak terkait lainnya saat peresmian PKS tersebut, Rabu (10/8/2022).

BLANGPIDIE-Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim SH, Rabu (10/8/2022) meresmikan pengoperasian pabrik kelapa sawit (PKS) PT Samira Makmur Sejahtera yang berlokasi di kawasan perkebunan sawit Desa Lama Tuha Kecamatan Kuala Batee kabupaten setempat.

Bupati Akmal Ibrahim dalam kesempatan itu mengatakan, peresmian PKS ini merupakan kali kedua dilakukannya. PKS pertama yang diresmikannya yakni PT Mon Jambee di Kecamatan Babahrot, kemudian PKS PT Samira Makmur Sejahtera. Dengan hadirnya PKS dimaksud, tentu akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Abdya. Apalagi Abdya memiliki areal perkebunan sawit produktif yang lumayan luas.

Sejauh ini pihaknya tetap mendorong pihak swasta untuk berinvestasi di Abdya, ditambah lagi semua perizinan tidak dipungut biaya apapun. Pastinya, dengan kehadiran PKS PT Samira Makmur Sejahtera, akan membuat perekonomian masyarakat lebih hidup, dan geliat pertanian bidang sawit semakin berkembang. Akan berdampak signifikan pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), tertampungnya tandan bauh segar (TBS) milik petani. Ditambah lagi permintaan komoditas minyak CPO (crude palm oil) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Apresiasi dan selamat atas peresmian PT Samira Makmur Sejahtera. Kepada para petani saya ajak untuk menjual sawitnya ke PKS ini. Kita juga harus mendukung pengusaha lokal untuk berkembang dan imbasnya juga untuk kemajuan daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Samira Makmur Sejahtera, Syahrial didampingi Direktur Pemasaran, Misbahul Badri menyebutkan, PKS tersebut bediri di atas lahan seluas 14 hektare dengan kapasitas 30 ton/jam. Untuk mendukung pengoperasiannya, pihak PT Samira Makmur Sejahtera umumnya mempekerjakan masyarakat lokal dengan kualifikasi sesuai dengan bidang dan keahliannya.

Dia berharap, masyarakat dapat menjual langsung sawitnya ke PKS PT Samira Makmur Sejahtera. Hal tersebut lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menjualnya ke PKS yang berada di luar Abdya.

“InsyaAllah bulan September mendatang, PKS ini mulai aktif. Karenanya kami harapkan dukungan dari seluruh kalangan masyarakat Abdya, khususnya petani sawit agar dapat menjual hasil panennya ke PT Samira Makmur Sejahtera,” imbuhnya. (ag)

Pos terkait