Dinas PUPR Abdya Bangun 425 Septic Tank

  • Whatsapp
Dinas PUPR Abdya Bangun 425 Septic Tank
Ilustrasi

BLANGPIDIE-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat Daya (Abdya) akan membangun 425 septic tank (wadah pemngolahan limbah toilet) untuk masing-masing rumah masyarakat di delapan desa dalam sembilan kecamatan wilayah kabupaten setempat.

Kepala Dinas PUPR Abdya, Alfian Liswandar ST melalui Kabid Cipta Karya dan Penataan Ruang, Jufriadi ST kepada wartawan, Rabu (10/8/2022) mengatakan, kegiatan membangun 425 septic tank tersebut merupakan program nasional guna mendukung upaya penekanan angka stunting di Abdya.  Sasaran program tersebut, yakni desa yang angka stuntingnya tinggi sesuai dengan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

“Kemudian, kawasan pemukiman warga yang berada dekat dengan pinggir daerah aliran sungai.  Kebanyakan, saluran ipal (limbah kotoran dari toilet) mereka langsung ke sungai tanpa memiliki septic tank. Maka dari itu dilakukan pembangunan sptic tank, agar kotoran limbah dari toilet tidak langsung masuk ke sungai dan terjadi pencemaran sungai.

Delapan desa yang akan dibangun septic tank itu yakni Desa Pante Rakyat, Kecamatan Babahrot, Kuta Jumpa dan Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa. Pulau Kayu dan Pantai Perak, Kecamatan Susoh. Rambong, Kecamatan Setia. Padang Bak Jeumpa, Kecamatan Tangan-Tangan dan Gampong Kedai, Kecamatan Manggeng.

Untuk sistem pengerjaan pembuatan septic tank itu dilakukan oleh masyarakat sendiri dengan penunjukan langsung oleh pihak desa yakni keuchik (kepala desa). Pekerja itu nantinya akan dibekali surat keputusan (SK) dari keuchik dibawah pengawasan tim teknis yang direkrut oleh Dinas PUPR.

Program membangun 425 unit septic tank tersebut akan terlaksana pada tahun ini dengan menyerap anggaran mencapai Rp.2,1 miliar lebih sumber dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022.  Besar kemungkinan, pada tahun 2023 mendatang akan dibangun lengkap dengan kamar toilet untuk 17 desa dalam Kabupaten Abdya. (ag)

Pos terkait