MS Blangpide Sosialisasikan Penerapan e-Berpadu

  • Whatsapp
MS Blangpide Sosialisasikan Penerapan e-Berpadu
Foto: analisisnews.com/agus s E-BERPADU: Ketua MS Blangpidie Amrin Salim SAg MA membuka sosialisasi e-Berpadu di aula kantor mahkamah setempat, Jumat (26/8/2022)

BLANGPIDIE-Mahkamah Syariyah (MS) Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (26/8/2022) mensosialisasikan aplikasi e-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) kepada pihak penyidik di beberapa instansi vertikal. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk percepatan elektronisasi administrasi perkara pidana. Hal ini penting karena dengan modernisasi berbasis teknologi informasi, transparansi dan akuntabilitas akan diperoleh masyarakat.

Ketua MS Blangpidie, Amrin Salim SAg MA didampingi Panitera Saifuddin SAg MH mengatakan, aplikasi e-Berpadu dikembangkan untuk mendukung Sistem Penanganan Perkara Tindak Pidana Secara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI). Aplikasi ini diyakini dapat menjadi media pertukaran dokumen yang awalnya masih manual, khususnya pada Lembaga peradilan di bawah Mahkamah Agung dengan Lembaga penegak hukum lainnya menjadi secara elektronik.

Dalam aplikasi e-Berpadu ini nantinya bisa meringankan berbagai pelayanan yang meliputi pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, permohonan izin atau persetujuan penyitaan secara elektronik, permohonan izin atau persetujuan pengeledahan secara elektronik, perpanjangan penahanan secara elektronik, permohonan izin besuk secara elektronik dan permohonan pinjam pakai barang bukti secara elektronik, serta  penetapan diversi.

“Apalikasi ini sangat membantu dan mempermudah proses pelayanan. E-Berpadu akan diterapkan di Abdya, sehingga perlu kami sampaikan teknik penggunaannya,” ujarnya.

Penerapan aplikasi itu merupakan tindak lanjut dari Memorandun of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan aplikasi e-Berpadu antara pimpinan aparat penegak hukum pidana yang dilaksanakan di gedung Mahkamah Agung RI Jakarta, beberapa waktu yang lalu. Sosialisasi e-Berpadu tersebut digelar bersama aparatur penegak hukum se-wilayah hukum MS Blangpide. Aplikasi ini berbasis website yang terintegrasi dan dipergunakan untuk pengolahan serta pertukaran dokumen administrasi perkara pidana.

“Kehadiran aplikasi e-Berpadu ini semata-mata untuk terwujudnya sistem adminstrasi penanganan perkara pidana berbasiskan teknologi informasi, memangkas birokrasi dan memudahkan koordinasi antara aparat penegak hukum dalam melakukan pelayanan publik. Aplikasi ini direncanakan akan mulai berlaku efektif pada bulan September mendatang dan personel operator untuk pengeporasian aplikasi ini telah dipersiapkan,” terangnya.

Sosialisasi yang dibuka langsung Ketua MS Blangpide Amrin Salim itu turut dihadiri penyidik dari Kepolisian, Kejaksaan, PPNS dari Satpol PP dan WH. Selain itu, juga nampak hadir Kepala Lapas Kelas IIB Blangpidie Akhmad Widodo.(ag)

Pos terkait