Pentingnya Menjadi Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp
Pentingnya Menjadi Peserta JKN-KIS
Foto: analisisnews.com/agus s SOSIALISASI: Sosialisasi program Inovasi GISSELA (Gigi Sehat Selama Kehamilan) di Puskesmas Susoh, Rabu (21/9/2022) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Abdya.

BLANGPIDIE-Menjadi peserta jaminan kesehatan nasional-kartu indonesia sehat (JKN-KIS) memiliki nilai penting dan besar manfaatnya bagi masyarakat. Sebab, program JKN-KIS bertujuan memberikan perlindungan baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain untuk mendapatkan kepastian jaminan kesehatan sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Hal itu disampaikan Meri Ulfa, SKep pemateri dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) dalam kegiatan sosialisasi program Inovasi GISSELA (Gigi Sehat Selama Kehamilan) di Puskesmas Susoh, Rabu (21/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Meri Ulfa, SKep menjelaskan secara rinci mengenai manfaat menjadi peserta JKN-KIS, bagaimana cara mendaftar sebagai peserta, apa saja bentuk layanannya hingga syarat untuk menjadi sebagai peserta JKN-KIS yang salah satunya memiliki nomor induk kependudukan (NIK).

Sejauh ini tingkat kesadaran warga Abdya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan terbilang sangat baik dan memuaskan. Hal itu menunjukan, kebutuhan layanan kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dan diutamakan oleh warga. Selama ini berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk meyakinkan dan memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Dia juga mengingatkan bagi warga yang belum tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan, agar segera mendaftarkan diri, sehingga jika nantinya warga tersebut sakit, mereka akan mudah mendapatkan layanan kesehatan.  Jangan sampai saat sedang sakit baru teringat untuk mengurus BPJS Kesehatan. Hal itu sangat fatal dan bisa menghambat proses layanan kesehatan. Uruslah BPJS Kesehatan itu sejak dini, agar pelayanan kesehatan yang diperoleh memuaskan. Selama ini, masih muncul persepsi di masyarakat baru akan mengurus BPJS jika sakit. Persepsi itu harus dihilangkan, karena hadirnya BPJS Kesehatan untuk membantu warga mendapatkan layanan  kesehatan.(ag)

Pos terkait