Di Abdya, Camat dan Keuchik Diinstruksikan Awasi Regsosek

  • Whatsapp
Di Abdya, Camat dan Keuchik Diinstruksikan Awasi Regsosek
Foto: analisisnews.com/agus s KOORDINASI: Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM saat membuka Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Awal Regsosek Kabupaten Abdya, di aula Tengku Dikila Kantor Bappeda setempat, Senin (26/9/2022).

BLANGPIDIE-Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah, SPd MM, Senin (26/9/2022) menginstruksikan para camat dan keuchik dalam kabupaten setempat untuk turut serta memantau dan mengawasi pelaksanaan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 di wilayah masing-masing agar hasil pendataan benar-benar akurat. Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Awal Regsosek Kabupaten Abdya, di aula Tengku Dikila Kantor Bappeda setempat.

Kegiatan yang bertema ‘mencatat untuk membangun negeri, satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat’ merupakan tindak lanjut dari pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2022 lalu, yang mengamanatkan untuk pelaksanaan Regsosek tahun 2022.

Regsosek ini merupakan pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam, mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. Informasi yang komprehensif ini, nantinya memungkinkan Regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk untuk meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

Informasi ini tentunya sangat membantu pemerintah dalam menyasar penduduk rentan dan miskin. Tidak hanya untuk program perlindungan sosial saja, namun juga program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan baik di pusat maupun daerah.

Ditambahkan, pandemi Covid-19 yang massif menunjukkan bahwa perlindungan sosial harus adaptif terhadap kebencanaan, saling terhubung dan terintegrasi antar program. Data penduduk yang menyeluruh, lengkap dan mutakhir, mutlak diperlukan untuk mendukung upaya tersebut agar sesuai dengan target sasaran. Data Regsosek,  dapat mendukung proses identifikasi, sehingga bantuan yang tepat dapat disalurkan dengan metode tercepat. Dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar, pengembangan Regsosek harus komprehensif.

“Perjuangan tidak berhenti pada pendataan awal saja, yang selanjutnya menjadi tugas kita adalah masyarakat harus memahami bahwa Regsosek merupakan basis data yang harus dimutakhirkan secara berkala. Partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan sangat penting dalam pembaruan data secara berkesinambungan,” ujarnya.

Akan hal itu, dia juga memberi pemahaman bahwa Regsosek adalah salah satu upaya pemerintah mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Maka harus optimal pemanfaatan Regsosek dalam setiap perencanaan dan implementasi program pembangunan di pemerintah daerah dan pemerintah desa.

“Kami mengajak semua kalangan masyarakat untuk mendukung terlaksananya pendataan awal Regsosek tahun 2022 di Kabupaten Abdya ini. Camat dan Keuchik sekali lagi saya instruksikan pantau dan awasi saat petugas melakukan pendataan,” imbuhnya. (ag)

Pos terkait