PERMATA UIN Ar-Raniry Banda Aceh Sambut Mahasiswa Baru Dengan Tepung Tawar

  • Whatsapp
Tepung Tawar oleh Persatuan Mahasiswa Aceh Tengah-Bener Meriah. Minggu (25/9/2022). (Dok. PERMATA)

BANDA ACEH – Persatuan Mahasiswa Aceh Tengah-Bener Meriah (PERMATA) UIN Ar-Raniry Banda Aceh sambut mahasiswa baru melalui kegiatan “Tepung Tawar” pada Minggu (25/9/2022).

Kegiatan ini diberi nama Bersilaturahmi Orom PERMATA atau BRAHROM ke VII dengan tema, “Keramat Mupakat Behu Berdedele,” yang berlangsung di Pantai Krueng Leupung, Aceh Besar.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia BRAHROM, Zikriyanda dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 200 orang mahasiswa baru dengan rincian 70 lebih mahasiswa baru dan sisanya panitia.

“Namun secara keseluruhan dengan panitia mencapai 200 orang,” kata Zikri.

Sementara itu, ketua umum PERMATA UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Fahmi Rezeki dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pembina, panitia dan Pengurus PERMATA UIN Ar-Raniry yang telah meluangkan waktu dan pikiran dalam menyukseskan kegiatan itu.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Fahmi juga mengenalkan PERMATA kepada mahasiswa baru beragam kegiatan dan sebagai salah satu organisasi tertua di Banda Aceh dan Aceh Besar dari wilayah tengah Aceh yang didirikan tahun 1986.

“Di PERMATA banyak kegiatan yang kami lakukan seperti Permata mengaji dan mengkaji setiap Kamis malam Jum’at dan kegiatan lainnya termasuk penyambutan mahasiswa bartu ini,” ungkap pemuda asal Tunyang ini.

Walau demikian, Fahmi juga menyampaikan pentingnya esensi dalam berorganisasi bagi mahasiswa khususnya kepada mahasiswa baru tersebut.

Di akhir sambutannya Fahmi menyampaikan dan mengajak mahasiswa baru dan seluruh panitia untuk aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi khususnya di PERMATA.

“Anak anak permata itu harus seperti lautan, dalam dan luas, yang dimaksud dalam ialah ilmunya dan yang dimaksud luas adalah pergaulannya, karena antara pergaulan dan ilmu itu sangatlah sulit berkembang jika keduanya terbatas,” tutupnya.

Sementara itu, salah seorang Pembina PERMATA UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Drs Alam Syuhada, SH, MM turut memberikan semangat dan pengalamannya saat dimasa mahasiswa.

Dari pengalaman ini, ia mengajak mahasiswa baru maupun yang sedang menempuh dunia perkuliahan untuk terus aktif di ruangan.

Ia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang hadir waktu itu agar menjadi mahasiswa mestinya ada target dan capaian yang harus dimiliki.

Pemberian hadiah oleh Dr Marah Halim kepada mahasiswa yang berprestasi akademik dan nonakademik. Minggu (25/9/2022).(Foto: Far)

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kadis BKKBN Aceh Tengah ini menyampaikan dua hal penting yang perlu dikuasai mahasiswa yaitu kemampuan bahasa dan kemampuan IT.

“Ada dua hal yang perlu dikuasai, pertama kemampuan bahasa asing dan bahasa bahasa yang mampu untuk menjadi jalan tol untuk meraih cita-cita,” katanya, didampingi Dr Marah Halim dan Iskandar.

Pembina PERMATA UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Drs Alam Syuhada, SH, MM (berdiri), Dr. Marah Halim (kiri) dan Iskandar (kanan).

Saran kami, lanjutnya, coba mulai kegiatan-kegiatan yang mampu mengembangkan potensi pengembangan mahasiswa, jelasnya.

“Kedua kemampuan IT Itu penting juga, karena semuanya penuh dengan aplikasi dan teknologi yang bisa berkiprah untuk semua terlebih dimasa yang akan datang,” tutupnya.

Kegiatan ini juga dilakukan tepung tawar dengan dua perwakilan mahasiswa dan mahasiswi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan PERMATA Award kepada empat mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Pada bidang akademik yaitu, pertama ada Sastramadani sebagai meraih ipk 3,86 jurusan Administasi Negara fakultas Fisip UIN Ar-Raniry. Kedua, Sinta Ulandari meraih ipk tertinggi yaitu 3,97 pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiah Keguruan.

Kemudian ketiga, Maulana Setiadi meraih ipk 3,87 pada jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah Hukum. Terakhir yang keempat ada Famila Lusia sebagai prestasi non akademik yaitu meraih juara 2 Karya Ilmiah se – UIN Indonesia dari jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. (Far)

Pos terkait