Buka Rapat MAG, Pj. Bupati Aceh Jaya: Pembentukan BUMG Upaya Mendidik Pelaku Bisnis

CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin melaksanakan Rapat Musyawarah Antar Gampong (MAG) ke-II bersama dengan Keuchik, Tuha peut dan tokoh masyarakat dalam rangka merealisasikan rencana pembentukan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) bersama Kabupaten Aceh Jaya.

Musyawarah itu dilaksanakan di Aula DPMPKB komplek perkantoran Bupati Aceh Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten setempat, Rabu, (28/9/2022).

Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin mengatakan bahwa pembentukan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) bersama Kabupaten Aceh Jaya ini sebagai upaya untuk mendidik pelaku bisnis agar bisa menjadi salah satu wirausaha di Aceh Jaya

” Dalam rangka mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas, hari ini kita coba dorong badan usaha milik Gampong bersama untuk bisa menjadi salah satu wirausaha di Aceh Jaya,” kata Dr Nurdin saat Rapat MAG ke-II.

Menurutnya, dalam membangun ekonomi disuatu daerah harus memiliki empat hal, pertama membuat rantai wirausaha agar produk saling terintegrasi, kedua membangun pasar wirausaha, ketiga kualitas wirausaha dan keempat kualitas produk usahanya. Sehingga produk-produk yang dihasilkan harus berkualitas memenuhi standar pasar.

Dikatakannya, Aceh Jaya sendiri memiliki potensi yang sangat banyak seperti memiliki lahan yang luas, produksi besar, tetapi disaat permintaan barang ataupun produk dalam jumlah yang besar Aceh Jaya masih kesulitan memenuhinya. Sehingga pasar hanya bersifat lokal.

“Salah satu penyebabnya adalah tidak menjadikan suatu komoditi unggulan di tempat kita, dan bagaimana potensi yang ada harus saling terkait sehingga dapat membentuk produk yang besar,” katanya.

Dr Nurdin berpesan juga agar badan usaha milik Gampong bersama agar di desain benar -benar profesional dan tidak ada intervensi birokrasi di dalamnya. Baik itu intervensi birokrasi Pemda, pelaksana, maupun intervensi dari desa. Sehingga badan usaha bisa berjalan.

Untuk itu, ia meminta agar program BUMG bersama Kabupaten Aceh Jaya dibuatkan aturan tata kelola transparansi sehingga bisa berkembang dengan maksimal. (red)