Distanpan Abdya Salurkan Bibit Jengkol

  • Whatsapp
Distanpan Abdya Salurkan Bibit Jengkol
Foto: analisisnews.com/agus s JENGKOL: Distanpan Abdya menyalurkan puluhan ribu bibit jengkol unggul ke petani. Disamping bibit Jengkol, pemerintah juga menyalurkan pupuk majemuk lengkap dan herbisida, Kamis (29/9/2022).

BLANGPIDIE-Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan puluhan ribu bibit jengkol unggul ke petani. Disamping bibit Jengkol, pemerintah  juga menyalurkan pupuk majemuk lengkap dan herbisida.

Kadistanpan Abdya, drh Nasruddin melalui Kabid Prasarana dan Sarana, Teuku Indra ST yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dinas dimaksud Kamis (29/9/2022) mengatakan, bantuan bibit, pupuk dan obat pembasmi gulma saat ini sangat dibutuhkan petani dalam merawat kebun mereka ditengah melonjaknya harga sarana produksi pertanian.

Adapun bibit jengkol unggul yang sedang proses penyaluran secara gratis itu yakni sebanyak 79.700 batang yang diterima 22 kelompok tani di Abdya. Pengadaan bibit jengkol itu menggunakan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2022.

Hingga saat ini hanya sekitar empat kelompok lagi yang belum tersalurkan dan diperkirakan awal Oktober 2022 ini selesai disalurkan ke petani. Adapun proses penyaluran bibit jengkol bersamaan dengan pupuk dan obat pembasmi gulma penganggu tanaman itu dilakukan oleh pihak penyedia. Rekanan didampingi petugas pertanian mengantar bantuan itu ke lokasi tanam lalu diserahkan ke pengurus kelompok tani disaksikan oleh calon penerima.

Dia berharap, semua bibit yang telah diberikan oleh Pemerintah itu harus ditanam, dibudidayakan, dirawat sebaik mungkin agar kedepan menjadi sumber ekonomi baru bagi petani di desa-desa.

“Proses penyaluran bibit jengkol berserta pupuk dan obat pembasmi gulma ini sudah berjalan 80 persen. Kepada penerima kami imbau agar bibit beserta pupuk dan obat-obatan itu tidak diperjual belikan serta jangan ditelantarkan,” imbuhnya.(ag)

Pos terkait