Bangunan PKS Babahrot Dilirik Investor Unggas

  • Whatsapp
Bangunan PKS Babahrot Dilirik Investor Unggas
Foto: analisisnews.com/agus s INVESTOR: Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM bersama investor unggas melihat kondisi bangunan PKS yang terbengkalai di kawasan Lhok Gayo Kecamatan Babahrot, Rabu (26/10/2022).

BLANGPIDIE-Bangunan pabrik kelapa sawit (PKS) milik Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) yang terbengkalai di kawasan Lhok Gayo Kecamatan Babahrot mulai dilirik investor unggas. Sebelumnya, Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM gencar melakukan upaya untuk menggaet investor dari luar Abdya agar bangunan PKS yang terbengkalai itu bisa dimanfaatkan dan bernilai pendapatan bagi daerah.

Tiga investor unggas yang hadir bersama Pj Bupati Abdya ke lokasi bangunan PKS itu pada Rabu (26/10/2022) diantaranya Rinaldy Anggada Presiden Direktur  PT. Putra Perkasa Genetika Indrustri Pengungasan, Anggiat Sitompul dan Ang Hendra. Hadir juga dalam kunjungan itu sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompimkab) dan pejabat terkait lainnya.

Lokasi bangunan PKS yang terbengkalai itu luasnya 23 hektare. Di lokasi itu masih berdiri kokoh bangunan tempat direncanakan pengolahan sawit yang masih layak pakai. Sementara di lokasi lahan yang tidak terpakai, telah dimanfaatkan oleh warga setempat dengan menanam jagung.

Pj Bupati Abdya Darmansah mengatakan, pasca dirinya mengunjungi pabrik unggas milik PT Putra Perkasa Genetika di Bandung beberapa waktu lalu, pihak perusahaan berjanji akan ke Abdya untuk melihat potensi usaha yang bisa dikembangkan.

“Setelah dipromosikan, mereka yang melihat secara langsung bagaimana kondisi di lapangan,” ujarnya.

Sejauh ini, Pemkab Abdya memberi peluang kepada investor, apalagi di bangunan PKS yang tidak terpakai lagi. Dari pada banguna itu tidak terpakai, lebih baik dimanfaatkan untuk usaha yang lain dan bernilai positif bagi daerah dan masyarakat.

Presiden Direktur PT Putra Perkasa Genetika, Rinaldy kepada wartawan mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan lokasi yang ada, apalagi sudah ada bangunan yang bisa difungsikan. Bila melihat bangunan dan lokasi yang ada, direncanakan akan dibuka peternakan ayam dan bebek. Namun dirinya mengaku datang ke Abdya hanya untuk survei lokasi serta survei pasar.  Sebelum membuka peternakan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survei pasar dan survei pendukung  lainnya. Usai mengunjungi lokasi bangunan PKS, Pj Bupati  Abdya bersama investor unggas mengunjungi Pasar Blangpidie di Kecamatan Blangpidie.(ag)

Pos terkait